Kehadiran Gudang Modern Bisa Dorong Efisiensi Industri Logistik Indonesia

Rabu, 21 Juni 2023 - 07:38 WIB
loading...
Kehadiran Gudang Modern Bisa Dorong Efisiensi Industri Logistik Indonesia
PT Cella Emerelad Logistik akan membangun gudang modern di Cileungsi, Bogor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Cella Emerelad Logistik yang dimanajemeni PT Cella Management Logistik (CML) mengumumkan proyek pembangunan pergudangan di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pergudangan yang memiliki luas area 11,3 hektare ini akan memberikan kontribusi signifikan dengan berbagai macam keunggulan logistik warehouse modern yang akan dibangun dan akan selesai pada kuartal III-2024.



Gudang logistik ini didesain untuk memenuhi kebutuhan distribusi dan pengelolaan barang yang semakin efisien dan lebih meningkatkan produktivitas di era globalisasi saat ini. Industri logistik memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan berbagai sektor ekonomi, termasuk e-commerce, 3PL, kurir, FMCG, dan industri lainnya.

Siong Lie, Direktur Project PT CML, menjelaskan rencana pembangunan logistik warehouse modern ini menerapkan beberapa penggunaan teknologi yang sangat mendukung pada industri logistik. Gudang Cella Emerald Logistik akan menggunakan teknologi building management system berbasis IT, untuk mempermudah pengelolaan, baik dari sisi monitoring maupun perawatan equipment.

"Serta beberapa inovasi dalam penghematan energi dan air dengan memasang perangkat daur ulang air dan memasang solar panel untuk menghemat listrik,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2023).

Proyek gudang logistik ini dirancang untuk mengatasi tantangan distribusi dan penyimpanan barang yang efisien dan modern. Dengan memanfaatkan teknologi terkini dan desain inovatif, gudang logistik ini akan menjadi pusat distribusi yang strategis dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sekitar.

Ditambahkan Thelly Krishanty, Direktur Operasional PT CML, harapan jangka panjang pada kehadiran logistik warehouse modern ini dapat memotong biaya logistik serta mempercepat waktu pengiriman serta berdampak positif pada lingkungan sekitar dengan sistem operasional yang telah diberlakukan perusahaan.

“Gudang yang dibangun akan di bawah pengawasan dan manajemen PT CML, karena PT CML memberikan jasa maintenance yang dibutuhkan penyewa gudang membantu beroperasional dengan baik melalui pelayanan 24 jam,” ujar Thelly.



Pada tahap Ground Breaking ini seperti diungkapkan Deddy Stiady, GM Business Development PT CML, spesifikasi serta fitur utama dari logistik warehouse modern ini memberikan ESG, area parkir yang luas, area yang sangat dekat dengan jalan utama, serta area distribusi klien yang sangat dekat.

"Hal ini sangat menambah tingkat produktifitas serta efisiensi pada bidang logistik," ucap Deddy.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)