Hadiri Ministerial Meeting G20 di India, Sandiaga Uno: Fokus Pemulihan Ekonomi & Penciptaan 4,4 Juta Lapangan Kerja

Kamis, 22 Juni 2023 - 08:01 WIB
loading...
Hadiri Ministerial Meeting G20 di India, Sandiaga Uno: Fokus Pemulihan Ekonomi & Penciptaan 4,4 Juta Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno terus mendorong pertumbuhan sektor parekraf. Foto/Kemenparekraf
A A A
INDIA - Kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di India digelar secara maraton sejak Rabu (21/6/2023) pagi. Memulai padatnya agenda, Sandiaga Uno mengikuti sesi Yoga di Taj Resort & Convention Centre, India.



Usai menyelesaikan sesi yoga, dirinya kemudian sarapan dengan Wakil Kepala Perwakilan KBRI New Delhi, India, Masni Eriza. Setelah sarapan, Sandiaga Uno menuju Grande Sala Cidade de Goa untuk menghadiri acara Public-Private Sector Dialogue-Importance of Travel & Tourism to the G20 economies (association with WTTC).

Setelah melakukan pertemuan, Sandiaga Uno menggelar rapat informal sekaligus makan siang bersama CEO World Travel & Tourism Council (WTTC), Julia Simpson, dan delegasi dari Amerika Serikat. Masih di lokasi yang sama, dirinya kemudian menggelar rapat bilateral bersama Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UAE) Abdullah bin Touq Al Marri.

"Hari ini merupakan hari yang spesial dengan pertemuan G20 meeting, tahun lalu kita juga melaksanakan pertemuan sejenis di Bali. Kita berkomitmen untuk pulih bersama dan pulih lebih kuat," ungkap Sandiaga Uno.

"Dan sekarang kita ada di India dengan semangat pemulihan, harapan, yang pesan ini harus kita sebarkan ke seluruh dunia bahwa ada satu harmoni di masa depan. Ini adalah suatu yang harus kita sampaikan ke seluruh keluarga, setiap individu bisa pulih dan hidup dalam harmoni untuk masa depan lebih baik," jelasnya.

Setelah menyelesaikan pertemuan hangat tersebut, Sandiaga Uno kemudian menghadiri agenda kerja 4th Tourism Working Group/Ministerial Meeting G20 yang digelar di Assembleia Taj Resort & Convention Centre. Dalam kesempatan itu, dirinya menekankan sejumlah hal dalam 4th Tourism Working Group/ Ministerial Meeting G20.

Di antaranya kepulihan ekonomi yang inklusif dan berpihak kepada UMKM. Selanjutnya, penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja bagi kaum perempuan dan generasi muda.

Kemudian pengembangan green tourism, seperti desa wisata yang berdampak positif dalam peningkatan kunjungan wisatawan di Indonesia, yakni sebesar 30-35% pada tahun 2023. Hal tersebut, katanya, menjadi bukti bahwa destinasi wisata yang menawarkan ecotourism serta isu-isu lingkungan dan berkelanjutan menjadi potensi wisata yang patut diperhitungkan.

"Ini akan kita tuangkan dalam konsep pariwisata yang berbasis berkualitas dan berkelanjutan. Ini yang kita perjuangkan dan semua merasakan peran Indonesia yang sangat kuat dan India sekarang memegang tongkat estafet sebagai Presidensi G20," ungkap Sandiaga Uno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)