AUM Reksa Dana Danareksa Investment BRIF Capai Rp1,24 Triliun

Kamis, 22 Juni 2023 - 11:13 WIB
loading...
AUM Reksa Dana Danareksa Investment BRIF Capai Rp1,24 Triliun
Direktur Utama Danareksa Investment Management Marsangap P. Tamba. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Danareksa Investment Management ( DIM ), yaitu Danareksa Balanced Regular Income Fund ( BRIF ) hingga 19 Juni 2023 (year to date/ytd) mencatatkan Asset Under Management (AUM) sebesar Rp1,24 triliun. Jumlah AUM dari produk reksa dana andalan DIM ini mengalami kenaikan signifikan dalam kurun waktu 6 bulan.

"Pencapaian luar biasa kinerja produk reksa dana Danareksa Balanced Regular Income Fund (BRIF) ini tentunya menjadi hal positif. Disisi lain, produk ini bisa menjadi pilihan masyarakat investor ditengah IHSG yang tengah mengalami sideways," kata Direktur Utama Danareksa Investment Management Marsangap P. Tamba melalui siaran pers, Kamis (22/6/2023).



Lebih lanjut, pada 19 Desember 2022, AUM dari produk reksa dana DIM mencapai 105,3 miliar. Produk Reksa Dana Danareksa Balanced Regular Income Fund (BRIF) merupakan produk unggulan dari DIM, yang memiliki strategi memaksimalkan komposisi investasi pada Instrumen Obligasi, dengan menekankan pada Obligasi yang memberikan dividen setiap bulan.

Hal ini bertujuan untuk memberikan imbal hasil dalam bentuk dividen secara berkala. Produk Reksa Dana Danareksa Balanced Regular Income Fund (BRIF) ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan reksa dana campuran pada umumnya yang mengalokasikan dana keberbagai jenis instrumen investasi, seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Terkait kinerja produk Reksa Dana Danareksa Balanced Regular Income Fund (BRIF), berdasarkan data INFOVESTA kinerja 1 tahun terakhir dengan data per 19 Juni 2023, total return dana untuk Reksa Dana Danareksa Balanced Regular Income Fund (BRIF) adalah sebesar 6,02%. Kinerja Reksa Dana ini lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kinerja Reksa Dana Campuran di Industri yang tergabung dalam Infovesta Balanced Fund Index yang tercatat sebesar 1,46%.

"Kami optimis, produk reksa dana Danareksa Balanced Regular Income Fund (BRIF) ini ke depan akan terus mencatatkan kinerja positif. Hal ini karena reksa dana ini didukung oleh katalis-katalis positif dari sisi domestik makroekonomi Indonesia, diantaranya yaitu proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk tahun 2024 tetap berada di kisaran sekitar 5%," kata dia.



Stabilitas inflasi diperkirakan dipertahankan dalam rentang 1,5 hingga 3,5% berdasarkan faktor eksternal yang menunjukkan volatilitas harga komoditas yang relatif rendah dibandingkan dengan tahun 2022. Selain itu, ada faktor berupa peningkatan kinerja tim pengendali inflasi di tingkat pusat dan daerah, serta suku bunga Indonesia untuk Surat Berharga Negara (SBN) dengan tenor 10 tahun diproyeksikan menguat menjadi 6%.

"Berdasarkan semua katalis di atas dan adanya potensi penurunan suku bunga, Danareksa Balanced Regular Income Fund (BRIF) yang banyak berinvestasi pada instrumen surat utang, dan juga memiliki manfaat utama berupa dividen setiap bulannya dan sebagai diversifikasi investasi, diharapkan mampu memberikan kinerja yang lebih baik dari sisi Nilai Aktiva Bersih sampai dengan akhir tahun 2023," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)