Bertemu Kaisar, Ganjar Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Jepang

Kamis, 22 Juni 2023 - 13:30 WIB
loading...
Bertemu Kaisar, Ganjar Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Jepang
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendampingi Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito saat mengunjungi Candi Borobudur, Kamis (22/6/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menjajaki kerja sama dengan Jepang untuk meningkatkan perekonomian di Jateng. Hal itu disampaikan Ganjar saat mendampingi Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito saat mengunjungi Candi Borobudur, Kamis (22/6/2023).

"Kerja sama ekonomi bisa dilaksanakan, apakah secara business to business yang selanjutnya bisa kita bisa saling manfaatkan hubungan baik ini," ujar Ganjar.



Ganjar mengatakan kerja sama tersebut akan ditindaklanjuti bersama. Dalam kesempatan itu, Ganjar di ajak Duta Besar Jepang untuk Indonesia berkunjung ke Jepang. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan Tur Guide Mura Aristina berbincang dengan Kaisar Jepang sambil melihat detail candi yang tersusun rapi.

Pada perbincangan itu Ganjar menyebut Kaisar Jepang sangat takjub dengan Candi Borobudur. Baik dari segi sejarahnya, maupun filosofi dan teknologinya.

"Dari filosofinya terkesan, teknologinya terkesan, terus kemudian cerita yang diceritakan narasinya bagus banget tadi sangat terkesan. Sehingga banyak ekspresi yang saya lihat ‘wow, wow’. Jadi itu menunjukkan kesan yang hebat,” ungkap Ganjar.

Menurut Ganjar, kunjungan Kaisar Naruhito ke Candi Borobudur menunjukkan keakraban antara Indonesia dan Jepang. Saat mendampingi Kaisar Jepang, Ganjar juga turut berbincang dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. Ganjar mengatakan, Kanasugi mengajaknya ke Jepang untuk melihat potensi yang bisa dikerjasamakan.

Tak berhenti di situ, Ganjar juga mengapresiasi Tur Guide Mura yang bisa dengan lancar menjelaskan semua tentang Candi Borobudur ke Kaisar Naruhito. Menurut Ganjar, Mura sangat entertaining karena memberi penjelasan secara enteng dan bagus. "Saya melihat kaisar Hiro sangat senang, sangat impresif melihat dan mengikuti. Senang sekali karena guide-nya keren,” kata dia.



Sebagai informasi, kunjungan Kaisar Jepang ke Indonesia akan berlangsung satu minggu. Setibanya di Indonesia pada Rabu (21/6) kemarin, Kaisar Naruhito mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)