Libur Panjang Iduladha, Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan Energi Aman

Rabu, 28 Juni 2023 - 12:50 WIB
loading...
Libur Panjang Iduladha, Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan Energi Aman
Pertamina Patra Niaga menjamin ketahanan stok bahan bakar untuk memastikan proses penyaluran berjalan lancar selama libur panjang Iduladha tahun ini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan energi selama libur panjang 5 hari pada Iduladha 1444 Hijriah tahun ini aman. Pertamina Patra Niaga telah memperhitungkan potensi peningkatan kebutuhan energi sepanjang libur Iduladha.

"Kami terus memastikan aspek availability dan accessibility dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat. Seluruh fasilitas utama kami, Terminal BBM dan LPG, SPBU, Agen dan Pangkalan LPG, serta Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) tidak libur dan tetap beroperasi untuk menyalurkan energi bagi masyarakat," ujar Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan di Jakarta, Rabu (28/6/2023).



Menurut Riva, yang terpenting pada masa libur panjang seperti ini adalah ketahanan stok untuk memastikan proses penyaluran berjalan lancar. Sepanjang masa libur, jelas Riva, Pertamina Patra Niaga mengamankan ketahanan stok di level yang aman, yakni 35 hari untuk gasoline atau bensin, gasoil atau diesel 41 hari, LPG 15 hari, dan avtur 32 hari.

"Angka ini di level yang aman, setiap hari juga terus dimonitor ketahanannya dan selalu dijaga di angka tersebut," tegasnya.

Dia menambahkan, tim operasional di setiap regional juga sudah disiagakan, dan di jalur-jalur atau wilayah tertentu dibuatkan mitigasi untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan. Potensi peningkatan konsumsi penyaluran BBM dan LPG pun dijaga agar tetap aman.



"Begitu juga dengan avtur, di bandara-bandara kami telah berkoordinasi dengan maskapai mengantisipasi penambahan jadwal penerbangan," jelasnya.

Selain operasional, Riva mengatakan saat ini Pertamina Patra Niaga juga berkoordinasi dengan mitra SPBU dan Agen LPG berupa fasilitas kredit mengantisipasi layanan bank tutup atau tidak beroperasi dengan jam normal di hari biasa. Berbarengan dengan masa libur ini, imbuh dia, per 26 Juni lalu Pertamina Patra Niaga juga melakukan penyesuaian harga LPG nonsubsidi mengacu tren LPG yang sedang turun.

"Dengan berbagai antisipasi, harapannya tidak ada kendala penyaluran dan layanan BBM maupun LPG kepada masyarakat. Pertamina Patra Niaga juga turut mengucapkan selamat Iduladha bagi yang merayakan, selamat berkumpul bersama keluarga, dan terus menjaga kesehatan sepanjang libur panjang ini," pungkasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)