Milenial Perlu Tahu, Ini 9 Tips Beli Rumah dengan Gaji UMR

Jum'at, 30 Juni 2023 - 23:17 WIB
loading...
Milenial Perlu Tahu, Ini 9 Tips Beli Rumah dengan Gaji UMR
Ingin beli rumah tapi gaji hanya UMR janganlah membuat patah semangat. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ingin beli rumah tapi gaji hanya UMR janganlah membuat patah semangat. Selain konsisten menabung, ketahui kiatnya serta manfaatkan kemudahan dan keringanan dari program pemerintah.

Untuk diketahui, Upah Minimum Regional (UMR) 2023 berbeda-beda antar wilayah. Untuk DKI Jakarta misalnya, UMR tahun ini sebesar Rp4.901.798.

Namun, provinsi lain seperti Jawa Tengah memiliki UMP di bawah Rp2 juta. Adapun harga rumah untuk yang bersubsidi saat ini berkisar Rp162-234 juta

Lantas, bagaimana kiat agar bisa membeli rumah dengan menyisihkan gaji UMR? Berikut tipsnya, dikutip dari idxchannel dan pina.id:

1. Buat Anggaran Keuangan
Perencanaan keuangan penting agar Anda bisa menabung sekaligus tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hitung setiap pengeluaran bulanan Anda dan pastikan ada anggaran tabungan untuk beli rumah. Meskipun sedikit, setidaknya ada usaha untuk bisa memenuhi target menabung demi rumah baru.

2. Terapkan Gaya Hidup Hemat, Jangan Boros!
Kunci sukses menabung untuk beli rumah adalah melakukan penghematan dari berbagai lini. Catat pengeluaran apa saja yang terjadi dalam sebulan. Jika masih ada sisa dari 70%, tabunglah di pos DP dan cicilan rumah. Namun, jika tidak ada sisa dan malah kelebihan pengeluaran, evaluasi apa yang salah.

Mulailah kurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif, seperti belanja barang hanya menuruti keinginan padahal tidak dibutuhkan, serta sering memesan makanan dari layanan pesan antar.

Gaya hidup juga harus berubah. Jika sebelumnya kerap beli kopi dan borong skincare, saatnya untuk dikurangi. Selain itu, pengeluaran seperti langganan majalah, TV streaming, hingga fancy dining sebaiknya juga dipangkas.

Pengeluaran-pengeluaran ini bisa Anda alihkan ke tambahan anggaran tabungan tiap bulannya.
Dengan membuat anggaran yang jelas untuk pengeluaran dan menabung di awal, tindakan boros bisa dikendalikan.

3. Buat Target Menabung
Menabung harus ada targetnya. Ada dua kondisi target, yakni jumlah dan periode tabungan. Coba hitung berapa banyak jumlah yang harus Anda punya dan berapa lama bisa dicapai. Mungkin sulit tapi selama Anda konsisten, entah berapa pun jumlahnya pasti akan tetap efektif untuk menabung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)