Apa Itu IMF? Sejarah, Anggota, Tujuan dan Tugasnya

Selasa, 04 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
Apa Itu IMF? Sejarah, Anggota, Tujuan dan Tugasnya
Sejarah IMF hingga tujuan, anggota dan tugasnya. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - IMF merupakan organisasi yang menyediakan bantuan keuangan berupa pinjaman serta masukan kepada para anggotanya. Organisasi ini pertama kali dibentuk saat berakhirnya perang dunia ke-II.

IMF sejatinya disebut sebagai bagian dari PBB . Namun sampai sekarang, organisasi ini berdiri dan berjalan secara independen serta memiliki struktur organisasi yang jelas.

Apa itu IMF ? Sejarah, dan Anggotanya

IMF atau International Monetary Fund merupakan organisasi yang didirikan pada tahun 1944 di Bretton Woods (New Hampshire). Organisasi besar ini bergerak dalam lingkup internasional dan menangani keuangan negara-negara di dunia.

Sejarah pembentukan IMF diketahui bersamaan dengan pembentukan Bank Dunia atau yang disebut dengan Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD). IMF sendiri diketahui mulai beroperasi sejak tahun 1945 dengan jumlah negara yang menjadi anggota sebanyak 29 negara.

Dilansir dari laman resmi IMF, misi utama dari IMF yakni untuk memastikan stabilitas sistem moneter Internasional. Sistem moneter tersebut termasuk nilai tukar dan sistem pembayaran internasional yang memungkinkan sebuah negara dapat melakukan transaksi dengan negara lainnya.

Metode utama IMF untuk mencapai tujuannya yaitu dengan memantau peningkatan dan pinjaman. IMF juga memberikan masukan terkait dengan kebijakan makroekonomi di sebuah negara. Kebijakan tersebut memiliki pengaruh terhadap nilai tukar, anggaran negara hingga manajemen kredit.

Selain itu, IMF juga memberikan bantuan teknis, pelatihan dan saran kebijakan kepada negara-negara anggotanya melalui program peningkatan kapasitasnya. Dengan banyaknya program yang menguntungkan, kini IMF sudah memiliki 190 negara, termasuk Indonesia.

Tujuan dibentuknya IMF

1. Mempromosikan kerjasama moneter internasional
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)