Tumbuhkan Peluang Usaha, UMKM Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Warung Hidroponik

Rabu, 05 Juli 2023 - 16:38 WIB
loading...
Tumbuhkan Peluang Usaha, UMKM Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Warung Hidroponik
UMKM Sahabat Sandi menggelar pelatihan warung hidroponik kepada warga di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (5/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - UMKM Sahabat Sandi menggelar pelatihan warung hidroponik kepada warga di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (5/7/2023). Pelatihan tersebut digelar untuk mendorong peluang usaha baru bagi masyarakat.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Vera Nofita mengatakan bisnis hidroponik merupakan salah satu jenis usaha tanaman yang menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar.

"UMKM Sahabat Sandi hari ini mengarahkan para ibu-ibu pelaku usaha yang punya warung supaya mempunyai kegiatan hidroponik, karena bertanam sayur tanpa tanah bisa panen dan hasilnya dapat dimakan sendiri. Tujuannya biar mereka tahu, bahwa berkebun itu tidak serumit yang mereka pikirkan," kata Vera dalam keterangannya, Rabu (4/7/2023).



Dia berharap aksi pelatihan tersebut mampu mendorong produksi tanaman dengan kualitas yang baik, sehingga bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

"Di Jakarta ini tidak ada lahan tanah, maka dibuat metode hidroponik dengan baskom. Peluang usaha dari tanaman hidroponik sangat bisa menguntungkan, apalagi tanaman kangkung dari warteg (warung Tegal) hingga restoran ada semua, ini sayuran yang sangat mudah perawatannya," ungkapnya.

Tak hanya itu, aksi tersebut juga terinspirasi dari sosok Sandiaga Uno. Menurutnya, Sandiaga Uno merupakan sosok yang tidak memiliki jarak ketika berinteraksi dengan masyarakat "Pak Sandi ini sosok yang humble tidak membatasi ruang untuk kebermanfaatan sebuah komunitas," jelasnya.



Sementara, salah satu peserta pelatihan, Indri (51) menyampaikan terima kasih atas program Sandiaga Uno. Ia pun berharap dengan tanaman hidroponik dapat berhasil menambah pendapatan ekonomi keluarga.

"Saya mengikuti pelatihan ini pertama untuk mencari ilmu, kedua peluang usaha, ketiga ingin mengembangkan hidroponik di keluarga dan lingkungan sekitar. Dengan adanya pelatihan ini, semakin tahu dan paham, kita bisa mempraktikkan di rumah masing-masing. Harapan saya ingin sukses dengan hidroponik," kata Indri.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)