KAI Gandeng RNI Sediakan Fasilita Tes Rapid Murah untuk Penumpang

Senin, 27 Juli 2020 - 22:04 WIB
loading...
KAI Gandeng RNI Sediakan Fasilita Tes Rapid Murah untuk Penumpang
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) melalui anak usahanya, PT Rajawali Nusindo, mendukung PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) untuk penyediaan fasilitas tes rapid di 12 stasiun. Direktur Keuangan Rajawali Nusindo Gigis Saptono mengatakan, sinergi ini diharapkan akan mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah penerapan New Normal.

"Penyediaan tes rapid untuk memberikan pelayanan tes cepat yang murah dan mudah bagi masyarakat pengguna kereta api jarak jauh," ujar Gigis di Jakarta, Senin (27/07/2020).

Gigis menambahkan, melalui kerja sama ini Rajawali Nusindo akan menempatkan fasilitas Rapid Test di 12 Stasiun milik KAI. Di antaranya, Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Gubeng, Pasar Turi.

Penyediaan fasilitas dilakukan secara bertahap, diawali di Stasiun Senen dan Gambir mulai tanggal 27 Juli. Kemudian dilanjutkan di Stasiun Gubeng dan Pasar Turi Surabaya pada 29 Juli. Ditargetkan pada tanggal 30 Juli, fasilitas Rapid Test ini sudah tersedia di 12 stasiun. ( Baca juga:Angkutan Penumpang Turun, KAI Seriusi Bisnis Kargo Saat Pandemi )

Lebih lanjut Gigis mengatakan, jam operasional fasilitas Rapid Test setiap harinya dimulai pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 19.00. Hasil tes dapat diketahui dalam waktu10-15 menit setelah sampel darah diambil. Setelah itu penumpang akan mendapatkan surat keterangan hasil tes. Guna memberikan pelayanan terbaik namun tetap tejangkau, biaya yang ditetapkan untuk sekali tes sebesar Rp85 ribu.

"Rajawali Nusindo juga menyediakan tenaga medis untuk mendampingi dan memastikan proses pemeriksaan berjalan sesuai prosedur," ujarnya.

Gigis mengatakan, fasilitas ini ditujuan untuk penumpang yang memiliki kode booking tiket Kereta Api Jarak Jauh. Diharapkan, dengan adanya layanan ini masyarakat yang hendak bepergian jarak jauh menggunakan kereta api dapat lebih mudah mengakses layanan Rapid Test Covid-19. Mengingat hasil tes Covid-19 menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi penumpang kereta api jarak jauh selama masa new normal atau kenormalan baru.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)