Beri Restu, Kemenhub Ungkap Detail Uji Coba LRT Jabodebek

Selasa, 11 Juli 2023 - 21:35 WIB
loading...
Beri Restu, Kemenhub Ungkap Detail Uji Coba LRT Jabodebek
Kemenhub beri izin uji coba LRT Jabodebek. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) telah memberikan restu digelarnya uji operasional terbatas LRT Jabodebek pada esok hari atau Rabu 12 Juli 2023. Restu Kemenhub diberikan setelah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder terkait yang dilakukan di Jakarta, Selasa (11/7/2023).



“Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok tanggal 12 hingga 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas,” ujar Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal dalam keterangan tertulis.

Terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, Risal menjelaskan telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian, setelah mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Risal menambahkan, dalam uji coba terbatas nanti, selain menguji coba pengoperasian LRT, juga sekaligus dilakukan uji coba terkait sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati.

“Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti Bus Transjakarta, Jak Lingko, angkot, KRL, kereta cepat, dan lain sebagainya,” kata Risal.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, uji coba dilakukan untuk memperkenalkan dengan mengajak masyarakat untuk merasakan pengalaman baru menggunakan LRT Jabodebek.

“Untuk itu, aspek keselamatan dan keamanan perjalanan LRT Jabodebek menjadi perhatian utama kami sebelum dimulainya uji coba terbatas besok,” ucapnya.

Ia mengatakan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)