Bahlil Sebut Indonesia Bakal Miliki Pusat Pengembangan Kendaraan Listrik

Selasa, 11 Juli 2023 - 22:30 WIB
loading...
Bahlil Sebut Indonesia Bakal Miliki Pusat Pengembangan Kendaraan Listrik
Indonesia akan bangun pusat kendaraan listrik. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, Indonesia akan punya pusat pengembangan kendaraan listrik ramah lingkungan (responsible green electric vehicle/RGEV Hub).



RGEV Hub menyusul adanya penandatanganan MoU pembentukan konsorsium internasional yang dilakukan oleh beberapa perusahaan yang terdiri dari Kalla Group (ketenagalistrikan), Eramet (pertambangan Prancis), PowerCo (anak perusahaan Volkswagen di rantai pasok baterai), dan Stellantis (perusahaan otomotif global).

Bahlil menyatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara investor dalam negeri dan investor luar negeri, dari Eropa. Artinya Indonesia membuka seluruh ruang dan kesempatan yang sama bagi semua negara yang akan masuk ke Indonesia selama mengikuti aturan yang ada.

"Jadi tidak benar kalau kita cuma pikir tentang satu negara tertentu," kata Bahlil dalam keterangannya, Selasa (11/7/2023).

Di sisi lain, Bahlil menyebut Indonesia tetap memegang posisi bahwa hilirisasi adalah salah satu jalan untuk mengubah posisi Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju dan untuk kedaulatan Indonesia dalam mengelola sumber daya alam.



"Kolaborasi ini membuktikan bahwa Indonesia memberikan peluang yang sama bagi semua negara dengan aturan yang berlaku," ujarnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)