Upaya Perusahaan Tambang Wujudkan Kemandiran Masyarakat

Selasa, 11 Juli 2023 - 22:17 WIB
loading...
Upaya Perusahaan Tambang Wujudkan Kemandiran Masyarakat
Perusahaan tambang melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk ( PT Vale ) kembali mencatatkan pencapaian dalam mempersiapkan masyarakat menuju kemandirian pascatambang melalui program Pertanian , Perkebunan, Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB) di area pemberdayaannya. Area pemberdayaan PT Vale meliputi empat kecamatan, yakni Kecamatan Malili, Nuha, Wasuponda dan Towuti.



Program tersebut telah berjalan sejak tahun 2015, dan hingga saat ini telah membina kurang lebih 44 kelompok masyarakat terdiri dari kelompok tani, kelompok wanita tani, kelompok peternak, kelompok disabilitas dan 10 kelompok masyarakat lokal yang berada di sekitar wilayah pemberdayaan PT Vale.

Beragam dukungan telah dilakukan pada kelompok-kelompok masyarakat tersebut, seperti budidaya sayuran organik, penyediaan sarana dan prasarana perikanan air tawar dan peternakan kambing dan sapi, mengembangkan peternakan ayam petelur, serta mendukung proses produksi kompos.

CEO PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy mengatakan, Vale secara global memiliki tiga prioritas dalam seluruh keputusan bisnis perusahaan, yakni 3P yang merupakan singkatan dari people, planet, dan profit. PT Vale Indonesia sendiri mengejawantahkan prinsip “People” dalam 3P tersebut, salah satunya, dengan hadirnya Program P3SRLB ini.

“Kami melihat adanya peningkatan hasil total dari seluruh program pemberdayaan masyarakat lokal yang kami jalankan,” kata Febriany, dalam keterangannya, Selasa (11/7/2023).

Tak hanya itu, Febriany juga mengaku kerap terenyuh saat bertemu langsung dengan para petani di area pemberdayaan. Salah satu kesan mendalam yang dirasakan terjadi saat berdiskusi dengan petani di Morowali beberapa waktu lalu.

"Saya terharu karena ketekunan petani dalam mengikuti program P3SRLB serta keteguhan mereka untuk mendukung kami dan industri pertambangan melalui cara mereka, yakni menyiapkan pangan yang sehat, produktif, dan sustainable,” katanya.



Sebagai informasi sepanjang 2022, PT Vale telah menggelontorkan sekitar Rp92 miliar untuk PPM terintegrasi, di Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Kolaka, dan Kabupaten Morowali. Dari seluruh dana tersebut, sebanyak Rp15,6 miliar dialokasikan untuk membiayai program pendapatan sektor ril dan Rp7,5 miliar untuk kemandirian ekonomi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)