Wapres Kasih Bocoran Freeport Segera Bangun Smelter di Fakfak Papua Barat

Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:56 WIB
loading...
Wapres Kasih Bocoran Freeport Segera Bangun Smelter di Fakfak Papua Barat
Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan, Freeport segera membangun pabrik pemurnian dan pengolahan mineral logam atau smelter konsentrat di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan, PT Freeport segera membangun pabrik pemurnian dan pengolahan mineral logam atau smelter konsentrat di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Sebelumnya disebutkan bahwa pembangunan smelter Freeport di Papua menjadi syarat dari pemerintah untuk perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) perusahaan tambang asal Amerika itu di Indonesia.

“Direncanakan nanti akan membangun smelter dari Freeport, itu dibangun smelter di rencananya di Fakfak ini,” ungkap Wapres usai menghadiri acara di Fakfak, Papua Barat, Jumat (14/7/2023).



Wapres pun berharap dengan dibangunnya smelter Freeport di Fakfak akan membawa perubahan peningkatan kesejahteraan untuk masyarakat Fakfak. “Kalau sampai nanti smelter dibangun di sini nanti akan terjadi perubahan besar.”



Sementara itu pada kesempatan yang sama, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia memastikan bahwa pembangunan smelter ini merupakan komitmen dari PT Freeport. Meski telah dipastikan akan berlokasi di Fakfak, namun Bahlil mengatakan untuk lokasi tepatnya masih menunggu studi kelayakan atau feasibility study (FS).

“Ke depan, Insya Allah tolong doakan, Freeport akan membangun smelter di Papua sebagai bentuk dari komitmen perpanjangan dan rencananya akan dibangun di Fakfak, lokasinya lagi menunggu FS,” tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)