Dorong Perkembangan UMKM, GRATYO Kembali Luncurkan Program IMF 2023

Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:26 WIB
loading...
Dorong Perkembangan UMKM, GRATYO Kembali Luncurkan Program IMF 2023
GRATYO Practical Business Coaching meluncurkan program Indonesia Mencari Founders (IMF) 2023. Program ini untuk mendorong perkembangan UMKM di Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tertinggi di Asia Tenggara dan UMKM menyumbang 97% lapangan kerja bagi masyarakat. Fakta tersebut membuat Coach Yohanes G. Pauly dari GRATYO Practical Business Coaching membuat program Indonesia Mencari Founders (IMF).

Dia menggandeng Indrawan Nugroho dari CIAS, Airyn Tanu dari Passion Jewelry, Donny Pramono dari Sour Sally Group, Coach Ferry Dafira dari GRATYO BusinessVersity, dan didukung Menparekraf Sandiaga Uno serta Grace Tahir dari Mayapada Healthcare Group.

"Satu hal yang paling penting di bisnis apapun adalah bagaimana membuat customer antri beli produk atau jasa Anda dan memberikan profit sehat yang terus menerus,” kata Coach Yohanes G Pauly dalam siaran persnya, Jumat (14/7/2023).

Setelah itu, barulah mulai bangun sistem praktis agar bisnis bisa repeatable, ,scalable,dan sustainable. ”Makanya setiap pemilik bisnis UMKM harus pelajari marketing dan branding dan juga 4 kaki meja bangun bisnis agar profitable dan auto-pilot," imbuhnya.

Menurut Menpakraf Sandiaga Uno, sudah lebih dari 20 juta UMKM yang berhasil bertransformasi ke ekosistem ekonomi digital. Dia optimistis jumlah tersebut dapat menembus angka 30 juta di tahun 2024.

Di sinilah IMF lahir sebagai langkah konkret mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan UMKM dan ekosistem ekonomi digital kelas dunia. IMF bertujuan mencari pemilik UMKM dan calon entrepreneur untuk dilatih gratis oleh perusahaan business coaching kelas dunia selama 12 bulan senilai lebih dari Rp1 miliar.

Kegiatan ini selalu mendapatkan sambutan hangat dari publik. Rerbukti dalam IMF 2022 tercatat sebanyak 4.000 lebih bisnis ikut berpartisipasi. Angka itu melebihi target awal, yakni 1.000 bisnis.

Di IMF 2023 ini antusiasnya semakin tinggi, terlihat dari jumlah pendaftar yang menyentuh angka 4.000 hanya dalam waktu 2 minggu saja. Diperkirakan IMF 2023 ini akan diikuti oleh 10.000 UMKM dalam 1 bulan pendaftaran, naik 10 kali lipat dari rencana awalnya.

Coach Yohanes ingin UMKM Indonesia naik kelas dan dalam jangka panjang bisa jadi bisnis skala nasional. Namun jika mengutip dari The Inc, faktanya hanya tiga persen bisnis yang bisa bertahan di 10 tahun pertama.

”Dengan waktu, tenaga, dan uang yang dimiliki, kita ingin membantu bisnis UMKM Indonesia bisa melalui 5 tahun, 10 tahun, hingga 100 tahun bisnisnya untuk bisa jadi legacy,” bebernya.

Owner dari GRATYO BusinessVersity Coach Ferry Dafira menambahkan pendaftaran IMF 2023 dimulai pertengahan Juni sampai Juli 2023. Pemenang akan diumumkan pada 26 Agustus 2023 di annual event Indonesia Founders Conference (IFC) 2023 yang rencananya akan dihadiri Sandiaga Uno dan President Director dari Mayapada Healthcare Group Grace Tahir.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)