Ganjar Pranowo Berbagi Pengalaman Majukan Desa Wisata

Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:30 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Berbagi Pengalaman Majukan Desa Wisata
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membagikan pengalaman memajukan desa wisata saat berkunjung di Desa Wisata Lerep, Ungaran, Jateng, Jumat (14/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membagikan pengalaman memajukan desa wisata. Hal itu dikatakan Ganjar saat berkunjung ke Desa Wisata Lerep sebagai salah satu desa wisata unggulan di Jateng.

"Desa Wisata Lerep sudah teruji mulai dari daerah yang sangat kering, terus ada bantuan keuangan yang dipakai untuk membangun embung ada manfaat untuk pertanian, tapi juga pariwisatanya beberapa kali menjadi juara," ujar Ganjar.

Ganjar berkunjung ke Desa Lerep di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang mendampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar, yang sedang melakukan studi tiru bersama kepala desa, lurah dan camat se-Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (14/7/2023).

"Pak Genius ini ingin bertukar pikiran kita saling belajar. Ternyata satu, bagaimana desa punya potensi dan inisiatif untuk dikembangkan. Dua, bantuan keuangan ke desa dibuat bahkan khusus desa wisata kita buatkan Perda dan Pergub sehingga keuangannya masuk dan berkembang dengan cepat," jelas Ganjar.



Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan bahwa Desa Wisata Lerep menjadi salah satu desa wisata unggulan di Jawa Tengah. Pada November 2022, Desa Wisata Lerep termasuk kategori Desa Wisata Maju.

Ganjar mengatakan Desa Wisata Lerep memiliki potensi wisata yang tinggi. Mulai dari wisata edukasi, wisata air, wisata kuliner, wisata budaya, wisata alam hingga wisata atraksi. Ganjar menjelaskan, perkembangan Desa Wisata Lerep tak lepas dari kolaborasi antara Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Semarang serta peran aktif warganya dalam mengoptimalkan potensi di daerahnya.

Di Jawa Tengah, Ganjar mendorong pengembangan dan kemajuan desa wisata dengan membuat peraturan khusus. Antara lain melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata. Hal itu dipertegas Ganjar dengan membuat Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Jawa Tengah Nomor 53 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda.

Hingga 2023, Jawa Tengah memiliki 818 desa wisata yang telah berjalan. Jumlah tersebut meningkat sejak tahun 2018 sebanyak 229 desa, 2019 sebanyak 353 desa, 2020 sebanyak 633 desa, dan 2021 sebanyak 717 desa. Ganjar juga telah menyalurkan bantuan kepada 631 desa wisata dalam kurun waktu 2020 hingga 2023.

Bantuan keuangan untuk pengembangan itu nominalnya mulai dari Rp100 juta hingga Rp1 miliar di tiap desa wisata. Bantuan keuangan tersebut diberikan kepada tiga kategori desa wisata. Antara lain, desa wisata maju Rp1 miliar, desa wisata berkembang Rp500 juta dan desa wisata rintisan Rp100 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)