Sejumlah Sentimen Positif Ini Dorong Penguatan Rupiah

Selasa, 28 Juli 2020 - 08:19 WIB
loading...
Sejumlah Sentimen Positif Ini Dorong Penguatan Rupiah
Laju nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini berpeluang menguat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Laju nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini berpeluang menguat. Pasalnya, aset berisiko di pasar keuangan terlihat menguat seperti indeks saham Asia, mata uang utama dunia dan emerging markets yang memberikan sentimen positif pada mata uang Garuda. (Baca juga: Rupiah Diramal Bakal Bertenaga Imbas Meningkatnya Covid di Amerika )

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun terlihat naik kembali ke area 0,61%, setelah sebelumnya bergerak di bawah 0,60%, yang mengindikasikan pasar kembali masuk ke aset berisiko.

"Penguatan aset berisiko ini didukung oleh faktor rencana stimulus fiskal AS senilai USD1 triliun untuk membantu perekonomian AS yang tertekan karena pandemi," kata Ariston di Jakarta, Selasa (28/7/2020). (Baca juga: India Produksi Vaksin COVID-19 di Bulan Agustus, Harganya di Bawah Rp200.000 )

Dia melanjutkan, laporan kemajuan vaksin Moderna dan Pfizer yang diperkirakan bisa digunakan di akhir tahun juga menjadi pendorong penguatan aset berisiko termasuk rupiah. "Potensi penguatan rupiah hari ini di kisaran 14.450-14.600," katanya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)