Kementerian PUPR Segera Mulai 2 Proyek Strategis Nasional di Manokwari

Minggu, 16 Juli 2023 - 17:00 WIB
loading...
Kementerian PUPR Segera Mulai 2 Proyek Strategis Nasional di Manokwari
Direktorat Jenderal Cipta Karya segera memulai pembangunan dua proyek strategis nasional baru di Kabupaten Manokwari. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya segera memulai pembangunan dua proyek strategis nasional baru di Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Dua kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR pada tahun 2023-2024 itu adalah pembangunan Pasar Sanggeng dan penataan Kawasan Arena Publik Borarsi di Manokwari.

Sebagai informasi, Pasar Sanggeng merupakan pasar tertua di Kabupaten Manokwari dengan luas lahan 27.809 meter persegi. Pasar ini mengalami bencana kebakaran pada tahun 2018, sehingga pada tahun 2023 akan dilakukan rekonstruksi bangunan dengan tata kelola yang layak dan memadai untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan Pendapatan Asli Daerah Manokwari.



"Pembangunan pasar ini akan menggunakan konsep bangunan green building, mengacu pada Pasar Pon di Trenggalek. Adapun, bagian tengah bangunan pasar juga akan dibuka agar arus sirkulasi udara dan cahaya bisa masuk," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti saat kunjungan Wakil Presiden Ma'aruf Amin dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (16/7/2023).

Pasar Sanggeng yang akan dibangun terdiri dari tiga lantai yang dapat menampung 394 unit kios dan 1.016 unit los serta dilengkapi tempat parkir dan ruang terbuka hijau. Pembangunannya direncanakan bisa dimulai Agustus ini dan dilaksanakan selama 11 bulan, sehingga ditargetkan rampung Juli 2024.



Sementara, Kawasan Arena Publik Borarsi merupakan area terbuka yang akan ditata menjadi ruang publik yang representatif sebagai tempat rekreasi keluarga, sosial budaya ekonomi, keagamaan, dan olahraga bagi masyarakat Manokwari dan sekitarnya. Di kawasan ini akan dibangun pusat UMKM dan di bagian tengahnya akan ada semacam aula atau lapangan. "Sedangkan bagian kanan dan kirinya bisa dipakai untuk kegiatan masyarakat lainnya," ujarnya.

Kawasan Arena Publik Borarsi akan dibangun pada lahan seluas 23.752 meter persegi dengan luas bangunan utama 4.903,71 meter persegi. Pekerjaan konstruksinya akan dimulai segera pada bulan ini setelah pembebasan lahan oleh pemerintah daerah selesai dan ditargetkan selesai pada tahun 2024.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4782 seconds (0.1#10.140)