IHOB Singapore Jadi Ruang Khusus bagi Eksportir Kopi Indonesia Pasarkan Produk

Senin, 17 Juli 2023 - 12:14 WIB
loading...
IHOB Singapore Jadi Ruang Khusus bagi Eksportir Kopi Indonesia Pasarkan Produk
Sejumlah pemangku kepentingan membentuk IHOB Singapore. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kantor Atase Perdagangan di Singapura bekerja sama dengan Kantor Bank Indonesia di Singapura dan Kantor Perwakilan BNI di Singapura, pada tanggal 13 Juli 2023 menandatangani memorandum of understanding yang menandai pendirian Indonesia House of Beans Singapore (IHOB Singapore). Pendirian IHOB Singapore tersebut juga bekerja sama dengan menggandeng mitra coffee shop lokal di Singapura yang mempunyai 5 outlet, yaitu 6 oz Espresso Bar.



Penandatanganan MOU disaksikan oleh Dubes Indonesia di Singapura, Sekjen Kemendag, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, serta perwakilan para kepala kantor BUMN di Singapura, perwakilan dari Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura, perwakilan dari Singapore Coffee Association (SCA), dan para tamu undangan dari stakeholders industri kopi di Singapura.

Dubes Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Ini adalah contoh nyata dari Indonesia incorporated, ketika seluruh elemen dan stekaholders, membangun kerja sama yang kohesif dan sinergis, tidak hanya antar-lembaga pemerintah dan BUMN, tetapi juga dengan mitra swasta, hingga partner dari negara lain.”

Suryo juga menyatakan bahwa “IHOB Indonesia ini ke depannya menjadi ruang khusus bagi para UMKM eksportir kopi Indonesia agar mereka mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk bisa memasarkan produk mereka di Singapura, sehingga mereka bisa naik kelas untuk bersaing di pasar ekspor global”.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Didi Sumedi dalam sambutannya juga ikut menyampaikan "Pendirian IHOB Singapore merupakan langkah nyata upaya Kemendag untuk selalu membangun strategi promosi yang berkelanjutan dan kolaboratif. Dengan menggandeng mitra strategis seperti Bank Indonesia dan para bank BUMN, kami mencoba memperkuat sinergitas antar-Lembaga demi strategi promosi ekspor yang lebih komprehensif".

Lebih lanjut Dirjen PEN menjelaskan “Singapura merupakan salah satu negara terpenting untuk tujuan ekspor kopi Indonesia, karena karakter pasar Singapura yang berposisi sebagai meting pod, dan menjadi barometer tren perkembangan industri kopi, tidak hanya di kawasan tetapi juga di dunia.”

IHOB Singapore akan berfungsi sebagai ruang display permanen yang akan menampilkan beragam varian biji kopi terbaik dari Indonesia. Ke depannya, varian biji kopi Indonesia yang ditampilkan akan digilir per 3 (tiga) bulan, dan IHOB Singapore akan melakukan seleksi dan kurasi untuk kemudian akan dibeli oleh 6 oz Espresso Bar dan ditampilkan di IHOB Singapore.

Selain itu, akan dilakukan serangkaian offline events di outlet IHOB Singapore untuk mendukung kegiatan promosi seperti coffee cupping dan tasting, talkshow tentang kopi, kompetisi barista hingga kegiatan promosi lainnya.



IHOB Singapore ke depannya juga akan berfungsi sebagai platform komersial untuk menjual dan memasarkan biji kopi Indonesia. Seluruh varian biji kopi pilihan dari Indonesia yang lolos seleksi dan kurasi akan dijual secara komersial di IHOB Singapore, baik secara langsung ke konsumen (b to c) maupun business to business (b to b) kepada coffee shop lainnya atau traders, serta tersedia dalam berbagai ragam kemasan dan varian seperti kemasan standar 250 gram hingga 1 kg, coffee pods dan coffee capsules, hingga kemasan untuk wholesale 60 kg.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)