Bersua Ganjar, Menko Airlangga Bahas 37 PSN Senilai Rp258,76 Triliun di Jateng

Senin, 17 Juli 2023 - 14:35 WIB
loading...
Bersua Ganjar, Menko Airlangga Bahas 37 PSN Senilai Rp258,76 Triliun di Jateng
Menko Airlangga Hartarto bahas PSN bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, di Jawa Tengah (Jateng) kini terdapat 37 proyek strategis nasional ( PSN ) dan ada 18 PSN dalam Perpres No. 79 Tahun 2019. PSN itu mampu menyerap investasi dan tenaga kerja yang sangat signifikan.



"Investasinya Rp258,76 triliun dan menyerap 66 ribu tenaga kerja secara langsung," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers PSN Jateng bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin (17/7/2023).

Dia menyebut, sejumlah PSN yang telah beroperasi antara lain Jalan Tol Trans Jawa, PLTU Batang, Waduk Cicaban, Bendungan Randugunting, pengembangan Pelabuhan Cilacap, bandara di Purbalingga, double track kereta api Jawa Selatan, Bendungan Pidekso, dan Bandara Ngloram.

"PSN yang beroperasi sebagian adalah contohnya Tol Semarang-Demak," sambung Airlangga.

Sektor PSN telah terbangun 340 kilometer khusus untuk jalan atau sebesar Rp58 triliun. "Tantangan ke depan, sejak awal tentu adalah abrasi Pantura, rob tahunan, banjir hulu, dan BPDP Jateng mencatat ketinggian rob hampir 200 cm," tambah Airlangga.

Selain sebagai jalan tol, Tol Semarang-Demak juga berperan sebagai tanggul dan menjadi model, dan model ini bisa dilanjutkan tidak hanya di Semarang, tapi bahkan bisa ditarik sampai utara Jawa. Sebelumnya, Bappenas telah melakukan studi, yang disebut sebagai giant sea wall.

"Mungkin kita bisa membangun bendung itu, kalau itu bisa terbangun, ini tentu proyek ke depan. Sekarang kita selesaikan Tol Semarang-Demak. Ke depan, itu bisa dilanjutkan dan kalau kita bisa mencontoh, itu bisa seperti yang di Amsterdam, kita bisa membangun giant sea wall," jelas Airlangga.

Dalam rapat tersebut, Airlangga dan Ganjar juga membahas soal Kawasan Ekonomi Kendal, Kawasan Ekonomi Batang, dan juga berbagai kawasan ekonomi khusus (KEK) yang juga akan dibahas dengan Pemerintah Provinsi Jateng.



"Dalam rapat kami juga diminta melakukan tinjauan lapangan bersama Pak Gubernur, ya mungkin dalam seminggu ke depan," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)