Sinergi Penyusunan Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nasional Berbasis Sains

Senin, 17 Juli 2023 - 14:10 WIB
loading...
A A A
"Dunia usaha saat ini berinvestasi melalui Standar Industri Hijau dalam rangka mitigasi perubahan iklim sekaligus meningkatkan daya saing sebagai karakter industri yang sesungguhnya. Selain itu dapat menciptakan lapangan kerja hijau serta meningkatkan kualitas lingkungan dan keanekaragaman hayati," ujar Herman Supriadi.

"Kami berharap ke depannya akan ada standar semen performance-based dan insentif bagi industry semen agar industri dapat menyusun roadmap inisiatif dekarbonisasi jangka panjang, selaras dengan strategi dekarbonisasi asosiasi semen sehingga dapat berjalan beriringan dalam menurunkan CO2," ujar Oepoyo Prakoso.

Sejalan dengan upaya global untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050 dan komitmen Indonesia terhadap netralitas karbon pada tahun 2060, IBCSD secara aktif mempromosikan kepemimpinan dan tindakan kolektif di sektor bisnis menuju ekonomi rendah karbon melalui platformnya, yaitu Kadin NetZero Hub (KADIN NZH). KADIN NZH bertujuan untuk membantu perusahaan-perusahaan Indonesia dalam transisi mereka menuju emisi nol bersih.

"Industri tidak bisa stop untuk berkembang dalam perspektif keuangan dan produksi, tetapi kita juga harus menyadari bahwa dinamika iklim ini semakin terasa. Jika kita tidak mengikuti perkembangan, kita akan tertinggal," ujar Octavianus Bramantya.

Forum diskusi ini bertujuan untuk mendorong pertukaran pengetahuan dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan industri semen dalam mengatasi perubahan iklim melalui pengurangan emisi dan mencapai target nol bersih.

Forum ini menekankan pentingnya membangun jaringan dan bersinergi dengan inisiatif pemerintah untuk memastikan perencanaan, implementasi, dan pelaporan aksi pengurangan emisi yang efektif. Selain itu, forum ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan tentang strategi dan peta jalan pemerintah Indonesia untuk mendekarbonisasi sektor industri, dengan fokus pada industri semen.

"Implementasi segera dari peta jalan industri semen sangat penting, diikuti dengan diskusi mengenai kapan pelaksanaannya. Sinergi adalah suatu keharusan di sini," tegas Wiwik Pudjiastuti.

Acara diskusi terbatas ini menyediakan platform bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan mempercepat upaya menuju industri semen yang berkelanjutan dan terdekarbonisasi serta berkontribusi pada target nol karbon Indonesia.

Melalui bertukar pengetahuan dan kolaborasi, para peserta diharapkan untuk dapat meletakkan dasar bagi peta jalan dekarbonisasi industri nasional yang berbasis sains.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)