Harga Gandum Melonjak Usai Rusia Peringatkan Semua Kapal ke Pelabuhan Ukraina Jadi Target

Kamis, 20 Juli 2023 - 12:25 WIB
loading...
A A A
Sementara harga gandum di pasar berjangka AS melonjak 8,5% pada hari Rabu, kenaikan harian tertinggi sejak tepat setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Menteri Pertanian Ukraina, Mykola Solskyi mengatakan, serangan Rusia telah menghancurkan 60.000 ton biji-bijian dan merusak sebagian besar infrastruktur ekspor biji-bijian. Rusia mulai menargetkan pelabuhan Ukraina pada Selasa dini hari, hanya dalam beberapa jam setelah penarikannya dari kesepakatan biji-bijian laut hitam.

Analis Marex Capital, Charlie Sernatinger mengungkapkan, ancaman eskalasi semacam ini dapat "memotong semua pengiriman biji-bijian yang disalurkan melalui air dari Laut Hitam, baik Rusia, dan Ukraina" yang akan menyebabkan situasi serupa dengan yang terjadi pada awal perang.

Jim Gerlach, Presiden A/C Trading, mengatakan: "Beberapa hal memanas kembali di Ukraina. Ada penembakan nyata yang terjadi di sana dan tidak ada yang akan berada di tengah-tengah itu.

"Ini adalah keranjang roti Eropa dan pengirim bakal menarik diri."

Pada hari Rabu, Putin menuduh Barat menggunakan kesepakatan biji-bijian sebagai "pemerasan politik". Sedangkan, Moskow juga menuduh Ukraina menggunakan koridor biji-bijian Laut Hitam untuk "tujuan pertempuran".
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)