Pos Indonesia Raih Tiga Penghargaan di HR Exellence Award 2023

Sabtu, 22 Juli 2023 - 10:47 WIB
loading...
Pos Indonesia Raih Tiga Penghargaan di HR Exellence Award 2023
PT Pos Indonesia (Persero) meraih penghargaan HR Exellence Award 2023. Pos Indonesia meraih tiga penghargaan di tiga kategori. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) meraih penghargaan HR Exellence Award 2023. Pos Indonesia meraih tiga penghargaan di tiga kategori.

Tiga kategori itu yakni Learning & Development (L&D) and Knowledge Management, Reward Management & Talent Retention Strategy, serta HR Digitization and People Analytic. “Kami membangun arsitektur kompetensi digital di Pos Indonesia. Kompetensi digital (tentang) apa yang diperlukan untuk mempercepat digitalisasi di logistik, kurir, pos, dan sebagainya,” kata Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia Tonggo Marbun, Kamis (20/7/2023).

Penghargaan ini tak lepas dari upaya perusahaan BUMN tertua ini dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) di lingkungan kerja. Pos Indonesia dinilai berhasil mengelola SDM dengan baik. Salah satu caranya menerapkan wellbeing management (manajemen kesejahteraan) yang humanis dan efektif terhadap SDM-nya.

Tonggo mengakui, dengan memperhatikan kesejahteraan para karyawan menjadi faktor penting bagi perusahaan. Selain terkait kondisi kesehatan fisik dan mental, kesejahteraan juga mencakup emosi positif, kepuasan, dan rasa memiliki tujuan.

Setelah pandemi Covid-19, Pos Indonesia yang terus berusaha mewujudkan kesejahteraan karyawannya. Untuk memenuhi kesejahteraan karyawan, Pos Indonesia mencanangkan program 5R dalam leadership system-nya yakni Olah Ruh, Olah Rasio, Olah Rasa, Olah Raga, dan Olah Relasi.

Selain kesejahteraan karyawan, perusahaan juga menaruh perhatian pada peningkatan employee experience. Beberapa masukan dari survei employee experience dan engagement juga terkait dengan usaha perusahaan mewujudkan good wellbeing management.

Sambil terus berproses untuk memperbaiki aspek-aspek tersebut, beberapa terobosan lain. Meliputi melakukan digitalisasi proses bisnis baik di bidang pelayanan SDM maupun digitalisasi bisnis (Superapps Pospay), bersiap implementasi kebijakan flexible working arrangement, dan co-working space.

Hasilnya, dalam tiga tahun terakhir (2020-2022), revenue perusahaan mengalami peningkatan. Profit pun mengalami kenaikan dan produktivitas juga meningkat.

Pada 2020, Pos Indonesia mendapat keuntungan sebesar Rp342 miliar. Kemudian profit perusahaan meningkat pada 2021 menjadi Rp590 miliar dan Rp636 miliar pada 2022.

Selain itu, employee engagement dan employee satisfaction pelanggan juga mengalami kenaikan dalam dua tahun terakhir. Untuk nilai employee engangement pada 2021 berada di angka 78, kemudian meningkat menjadi 82 pada 2022. Sedangkan statistik employee satisfaction yang berada di angka 77 pada 2021, juga meningkat menjadi 78,78 pada 2022.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)