Soal Ahok Jadi Bos Pertamina, Erick Thohir: Di Meja Saya Gak Ada Pengangkatan Dirut Titik Titik

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:07 WIB
loading...
Soal Ahok Jadi Bos Pertamina, Erick Thohir: Di Meja Saya Gak Ada Pengangkatan Dirut Titik Titik
Erick Thohir ungkap kabar terbaru soal Ahok jadi dirut Pertamina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kabar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan diangkat menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) semakin menguat. Meski, Kementerian BUMN selaku pemegang saham belum mengeluarkan keputusan pergantian orang nomor satu di perusahaan minyak dan gas bumi itu.



Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, hingga saat ini belum ada pergantian direktur utama Pertamina. Namun, dia mengaku ada proses reviu atas kinerja direksi dan komisaris seluruh BUMN, termasuk Pertamina.

Proses penilaian tersebut dilakukan oleh Wakil Menteri (Wamen) BUMN I dan II terhadap 12 klaster perseroan negara. Penilaian kinerja manajemen Pertamina dilakukan oleh Wamen BUMN I Kartika Wirjoatmodjo.

Nantinya, hasil reviu akan diserahkan kepada Erick Thohir selaku nakhoda kementerian. Dari sini akan dilihat perlunya perombakan atau pergantian orang-orang di pucuk struktural BUMN.

"Saya meminta Pak Wamen baik Pak Tiko dan Pak Rosan mereviu. Nah, nanti setelah hasil reviu, usul kan ke saya, kalau mau ada pergantian baik dari Pak Tiko dan Pak Rosan. Belum selesai reviu-nya," ujar Erick saat ditemui di Menara Danareksa, Selasa (25/7/2024).

Lantaran dalam proses penilaian, Erick meminta agar awak media dan masyarakat tetap bersabar. Dia juga memastikan belum ada RUPS Pertamina. Menurutnya, perombakan manajemen BUMN migas itu bisa terjadi, bila adanya tour of duty.

Perihal dirinya memanggil Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Ahok di hari yang berbeda pada pekan lalu hanya soal pembicaraan kinerja perusahaan saja. "Kalau panggil direksi biasa, masa sebagai Menteri nggak boleh panggil," kata Erick.



"Dan ini jadi, tolong media juga sabar, karena ini proses, kalau dibilang 'oh ini gini-gini', gak ada, di meja saya gak ada pengangkatan komut titik, titik, dirut titik, titik, belum ada di meja saya," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)