Batal IPO Tahun Ini, PHE Fokus Tingkatkan Nilai Aset

Sabtu, 29 Juli 2023 - 09:25 WIB
loading...
Batal IPO Tahun Ini, PHE Fokus Tingkatkan Nilai Aset
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) diminta fokus pada strategi unlock value guna memaksimalkan nilai aset perusahaan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Setelah dipastikan batal melantai alias penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) di bursa tahun ini akibat kondisi pasar global dinilai kurang tepat, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) diminta fokus pada strategi unlock value guna memaksimalkan nilai aset perusahaan.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, PHE diminta fokus pada peningkatan produksi migas, ekspansi global, akuisisi, studi pengembangan bisnis baru CCS/CCUS. Semua hal itu menurutnya bertujuan untuk memaksimalkan nilai aset PHE.



"Strategi tersebut dijalankan untuk mendukung pencapaian target produksi nasional minyak bumi sebanyak 1 juta barel per hari (bph) dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (bscfd) pada tahun 2030 demi terjaganya ketahanan energi nasional," ungkap Fadjar, Sabtu (29/7/2023).

Fadjar optimistis strategi peningkatan nilai aset oleh PHE tersebut akan berhasil, didukung dengan kondisi fundamental perusahaan yang kuat. Solidnya kondisi fundamental PHE saat ini dibuktikan dengan kinerja positif pada 2022 yang berhasil mencatatkan kontribusi pertumbuhan produksi migas sebesar 7% berbanding tahun sebelumnya.



PHE tercatat berhasil mencapai produksi migas sebesar 967 MBOEPD dari 65 blok Migas di tahun 2022. PHE pada tahun yang sama juga membukukan laba bersih sebesar USD4,67 miliar atau sekira Rp70 triliun (kurs Rp15.000 per USD).

"Hal ini merupakan salah satu bukti keberhasilan transformasi yang dijalankan Pertamina di sektor hulu migas," kata Fadjar. Dia menambahkan, dampak positif performa PHE kepada pendapatan negara tahun 2022 berupa pendapatan pajak dan nonpajak sebesar USD8,77 miliar.

Dia mengatakan, capaian ini tidak lepas dari startegi perusahaan dalam mengelola baseline produksi. PHE menggenjot pertumbuhan produksi melalui implementasi rencana kerja, serta merger dan akuisisi. PHE, imbuh dia, terus meningkatkan pertumbuhan cadangan dengan selalu mengedepankan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola (environmental, social, governance/ESG).
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)