Optimalkan Potensi Bisnis, Pos Indonesia dan Bank Muamalat Kerja Sama Strategis

Selasa, 01 Agustus 2023 - 18:32 WIB
loading...
Optimalkan Potensi Bisnis, Pos Indonesia dan Bank Muamalat Kerja Sama Strategis
Pos Indonesia menjalin kerja sama strategis dengan Bank Muamalat Indonesia di Bandung, Senin (31/7/2023). Kerja sama dalam lingkup layanan transaksional, pembiayaan syariah, investasi, serta ekosistem haji dan umrah. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerja sama strategis dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kerja sama dalam lingkup layanan transaksional, pembiayaan syariah, investasi, serta ekosistem haji dan umrah.

Pos Indonesia dan Bank Muamalat merupakan mitra bisnis yang menjalin kerja sama sejak lama. Melalui sinergi terbaru ini, kedua perusahaan diharapkan dapat mengoptimalkan potensi bisnis khususnya dalam hal diversifikasi layanan dan ekspansi pasar.

"Era sekarang ini era berkolaborasi dan bersinergi. Pada hari ini kami bersinergi dengan Bank Muamalat. Ada beberapa layanan yang kita kerjasamakan,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris saat Penandatanganan Perjanjian Induk dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk di Auditorium ULBI, Bandung, Senin (31/7/2023).

Lewat kerja sama ini, nasabah Bank Muamalat dapat melakukan setor dan tarik tunai melalui kantor layanan yang dimiliki Pos Indonesia di seluruh wilayah Tanah Air. Kedua perusahaan juga akan bekerja sama dalam pemanfaatan layanan jasa keuangan terkait penghimpunan dan penyaluran dana.

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan berharap kedua perusahaan dapat mengoptimalkan potensi bisnis khususnya dalam hal diversifikasi layanan dan ekspansi pasar. Pos Indonesia akan menjadi mitra Bank Muamalat dalam penyaluran pembiayaan kepada nasabah Bank Muamalat melalui Pospay dan Pospay Kios Syariah.

Selain itu, nasabah bank syariah pertama di Indonesia ini juga dapat melakukan pembayaran angsuran pembiayaan syariah melalui Kantorpos dan super app Pospay. "Ini merupakan kerja sama yang sangat bagus sekali antara digital Bank Muamalat dengan digitalnya PT Pos Indonesia," katanya.

Sebelumnya Bank Muamalat mendorong masyarakat untuk mempersiapkan ibadah haji anak sedini mungkin dengan menggalang kampanye #HajiAnakHebat. Kampanye ini ditujukan untuk membantu orang tua dalam melakukan perencanaan tabungan anak dalam rangka persiapan dana kebutuhan haji di masa depan.

"Penerimaan setoran haji dapat dilakukan melalui channel Pos, potongan dana pensiun, penerimaan setoran tunai untuk nasabah Bank Muamalat melalui channel Pos," lanjutnya.

Kerja sama dengan Pos Indonesia, kata Indra, dilakukan dengan harapan akan memberikan manfaat bagi kedua pihak dan masyarakat. "Dulu kami sudah pernah bekerja sama, sekarang kembali bekerja sama. Islamic bank di Muamalat sangat kuat di Indonesia. Kami lihat saat ini PT Pos luar biasa jaringannya, PT Pos punya strategi untuk memperbesar pendapatan dari jasa keuangan," ujarnya.

Penandatanganan kerja sama dua perusahaan ini berlangsung di sela acara rapat pimpinan PT Pos Indonesia. Direktur utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi memberi sambutan di hadapan direksi Bank Muamalat sekaligus memperkenalkan ULBI.

Faizal mengatakan, ULBI menjadi kawah candradimuka pegawai Pos Indonesia untuk meningkatkan kompentesi dan skill. “Pos Indonesia ini mesin utamanya adalah orang. Kita sangat tergantung pada orang, jadi bila orangnya hebat, otomatis perusahaannya juga hebat,” ujarnya.

Faizal menambahkan bahwa ini bagian dari kerja sama yang penting, Pos mempunyai divisi jasa keuangan yang inklusi. Jadi menyasar ke masyarakat yang tidak punya akun bank. “Ke depan, kita mendapat amanah dari kementerian BUMN untuk mengembangkan bisnis fronting,” tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6418 seconds (0.1#10.140)