Menggali Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal, PKN Sukses di 3 Kota

Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:52 WIB
loading...
Menggali Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal, PKN Sukses di 3 Kota
Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 sukses digelar di tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bali, dan Bandung. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 sukses digelar di tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bali, dan Bandung, sepanjang 13 hingga 29 Juli 2023. Acara tersebut sukses menghadirkan peserta dari 37 provinsi di seluruh Indonesia.



PKN sendiri merupakan persembahan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbudristek. Khusus tahun ini terdiri dari 8 kuratorial termasuk Gerakan Kalcer untuk Jenama Berdaya, untuk serial kegiatan Lokakarya Budaya, Penjenamaan Kota, dan Cipta Ruang.

PKN adalah kegiatan Ditjen Kebudayaan berkolaborasi dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN). ICNN adalah organisasi jejaring lintas komunitas di lebih dari 240 kota/kabupaten.

“ICCN serta berbagai forum yang dikerjakan ini menjadi ruang untuk kita dapat terus membangun jejaring, menginisiasi program dan kegiatan yang beragam, dan dengan itu kita berharap akan hadir aktivitas ekonomi juga bersamaan dengan solusi-solusi dari level kota. Ujungnya adalah inovasi sosial yang kita hadirkan secara keberlanjutan,” jelas Ketua Umum ICCN, Tubagus Fiki Chikara Satari.



Menurut dia, Indonesia adalah bangsa yang besar, untuk menjadikan kondisi ini sebagai kekuatan bersama, tentunya harus punya strategi, pendekatan moderasi. Ini yang akan dicoba dipraktikkan sepanjang lokakarya dan kegiatan PKN.

"Kita bicara mulai dari ranah Ekonomi Kreatif , tapi tidak terbatas 17 subsektor. Kita tidak sekadar membahas industrinya, tapi sejak dari basisnya. Seperti 10 Prinsip Kota Kreatif serta 11 Jurus Catha Ekadasa untuk pengembangan Ekonomi Kreatif dari potensi budaya lokal . Sehingga kegiatan ICCN yang kolaborasi dengan PKN ini sangat relevan, karena satu di antara basis Ekonomi Kreatif juga adalah Seni dan Budaya, selain Inovasi, Teknologi, dan Media,” ujar dia.

Kegiatan Lokakarya di Bandung turut dihadiri Humas Ditjen Kebudayaan - Watie Syar’i, Dewan Kurator PKN 2023 dari Gerakan Kalcer untuk Jenama Berdaya - Handoko Hendroyono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bandung - Eric M. Attauriq, S. H., serta sambutan dari Wali Kota Banjarmasin - Ibnu Sina, dengan MC dan moderator Dita Saraswati (ADGI).

Pada serial lokakarya ini diisi rangkaian pemaparan serta diskusi bersama para narasumber, Barry Beagan (CEO aplikasi Jagat) mengangkat tentang platform lingkup sosial (social immersive) dengan fitur interaksi keseharian antarteman dan telah dirilis oleh Presiden Joko Widodo, lalu Neli Deddy Wahyudi (LaBo, Laswee, PosCo), Rilly Robbi (The Hallway Space Kosambi), Dendy Darman (347 Unkl, Dendy Darman Studio), Adi Panuntun (BCCF), dengan moderator Vinca Rosellinia Natasha (ICCN) dalam sesi Cerita Tentang Cipta Ruang (Place-Making).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)