Jokowi Optimistis Industri Batik Cepat Bangkit Pascapandemi

Rabu, 02 Agustus 2023 - 12:52 WIB
loading...
Jokowi Optimistis Industri Batik Cepat Bangkit Pascapandemi
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan Gelar Batik Nusantara di Jakarta, Rabu (2/8/2023). FOTO/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Gelar Batik Nusantara di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Batik merupakan karya adi luhung yang harus terus dijaga keberlanjutannya.

"Batik sangat istimewa tidak saja karena keindahan tetapi juga karena makna-makna filosofinya. Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita dan melalui batik telah tercipta lapangan kerja yang sangat banyak," tutur Jokowi.



Dia mendorong industri batik harus kembali menggeliat pascapandemi. Menurut dia saat ini adalah momentum yang tepat untuk batik kembali bangkit di tengah ekonomi yang semakin meningkat.

"Berbagai event internasional dan nasional banyak diselenggarakan seperti hari ini gelar batik nusantara. Pengrajin dan pengusaha batik punya kesempatan sangat baik untuk bangkit, berkarya," kata Jokowi.



Jokowi mengajak para desainer pencinta batik dan seluruh masyarakat dapat menanfaatkan memomentum kebangkitan ekonomi. Dia optimistis, perputaran ekonomi dalam industri dan UMKM batik akan terus meningkat.

Oleh karena itu Jokowi menyampaikan apresiasi kepada pengrajin batik, desainer batik pengusaha, pecinta hingga pengguna batik yang selama ini menghidupkan batik Indonesia.

Jokowi menaruh harapan besar pada industri batik karena jutaan orang bekerja di industri tersebut. "Momentum kebangkitan ekonomi kita untuk terus mengembangkan batik yang kita miliki untuk eksplorasi warna dan motif yang baru setiap tahunnya agar batik semakin beragam dan menarik," kata Jokowi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)