Jalankan Program TJSL, PLN IP Sulap FABA Jadi Pupuk Silika

Rabu, 02 Agustus 2023 - 13:21 WIB
loading...
Jalankan Program TJSL, PLN IP Sulap FABA Jadi Pupuk Silika
PLN IP PLTU Ombilin memanfaatkan FABA sebagai Pupuk Silika. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PLN Indonesia Power ( PLN IP ) PLTU Ombilin memanfaatkan Fly Ash Bottom Ash ( FABA ) sebagai Pupuk Silika. Berlokasi di Kota Sawahlunto Sumatera Barat, PLN IP PLTU Ombilin berhasil membuat pupuk Silika untuk tanaman padi, jagung, bawang, dan cabai yang dimanfaatkan masyarakat sekitar pembangkit.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Barat Chandra Indrawanto mengatakan pupuk silika yang terbuat dari FABA ini bermanfaat untuk petani terutama di sekitar pembangkit.

"Silika berbahan FABA bermanfaat bagi tanaman agar batangnya lebih tegak dan membantu proses fotosintesis," kata Chandra melalui pernyataannya, Rabu (2/8/2023).



Sementara, Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra mengatakan program TJSL BUMN tersebut sebagai wujud kontribusi dalam meningkatkan ekonomi, sosial, kesehatan dan lingkungan di sekitar wilayah operasi perusahaan.

"Apa yang kami lakukan di Ombilin diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value, sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) seperti pupuk silika PLTU Ombilin yang dimanfaatkan masyarakat sekitar pembangkit yang berprofesi sebagai petani, kedepan akan terus kami tingkatkan, karena selain untuk kesejahteraan masyarakat hal ini merupakan wujud implementasi PLN terkait aspek Environmental, Social & Governance," ujar Edwin.



Sebagai informasi, Pupuk Silika PLTU Ombilin ini telah memenuhi standar mutu SiO2 minimal 6% berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian tentang Persyaratan Teknis Minimal Pupuk An-Organik.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)