Jokowi Jajal LRT Jabodebek dari Harjamukti ke Dukuh Atas

Kamis, 03 Agustus 2023 - 09:37 WIB
loading...
Jokowi Jajal LRT Jabodebek dari Harjamukti ke Dukuh Atas
Hari ini Jokowi jajal LRT Jabodebek. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melakukan peninjauan pada Stasiun LRT Harjamukti Depok pada pagi hari ini, Kamis 3 Agustus 2023. Selain meninjau, Jokowi juga menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti hingga Stasiun Dukuh Atas.



Pantauan di lokasi, Jokowi tiba di Stasiun Harjamukti sekitar pukul 08.18 WIB. Tampak mendampingi Jokowi yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jokowi pun langsung menjajal LRT Jabodebek tersebut. Perjalanan LRT dari Stasiun Harjamukti, Ciracas, Kampung Rambutan, TMII, Cawang, Ciliwung, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi dan berakhir di Dukuh Atas.

Jokowi tiba di stasiun Cawang sekitar pukul 08.43 WIB. Jokowi kembali melanjutkan perjalanan dari Stasiun Cawang menuju ke Stasiun Dukuh Atas pada pukul 08.55 WIB.

Diketahui, LRT Jabodebek berbeda dengan moda transportasi berbasis rel pada umumnya seperti MRT dan kereta rel listrik (KRL) karena menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3. Dengan teknologi tersebut, LRT Jabodebek dapat beroperasi tanpa masinis.

Kementerian Perhubungan telah menetapkan tarif bagi LRT Jabodebek. Tarif tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023, tentang tarif angkutan orang dengan kereta api ringan terintegrasi di wilayah Jabodebek untuk melaksanakan kewajiban pelayanan publik.



Dalam keputusan tersebut dijelaskan bahwa telah ditetapkan tarif LRT Jabodebek yakni Rp5.000 untuk 1 km pertama dan selanjutnya masyarakat dikenakan Rp700 setiap km berikutnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)