Erick Thohir Pastikan Evaluasi dan Perbaikan LRT Jabodebek Segera Dilakukan

Kamis, 03 Agustus 2023 - 18:11 WIB
loading...
Erick Thohir Pastikan Evaluasi dan Perbaikan LRT Jabodebek Segera Dilakukan
Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, evaluasi dan perbaikan pembangunan Light Rail Transit atau LRT Jabodebek akan segera dilakukan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, evaluasi dan perbaikan pembangunan Light Rail Transit atau LRT Jabodebek akan segera dilakukan. Hal ini disampaikan usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal sekaligus meninjau LRT Jabodebek dari Stasiun LRT Harjamukti Depok hingga Dukuh Atas, Kamis (3/8/2023).

Dia memastikan pemerintah melalui perusahaan pelat merah akan menambal kekurangan dari mega proyek di sektor transportasi massal tersebut.

"Evaluasi akan segera kami jalankan untuk memperbaiki dan menambah yang kurang. Semoga bisa segera digunakan oleh masyarakat umum," ujar Erick Thohir melalui akun Instagramnya.

Penegasan Erick Thohir sekaligus menjadi jawaban atas lengkung bentang panjang (longspan) LRT Jabodebek di ruas Kuningan, Jakarta Selatan, yang disebut salah desain.



Di mana tikungan pada jembatan yang menghubungkan Gatot Subroto dan Kuningan itu kecil dan berdampak pada tingkat kecepatan kereta saat melintas. Seharusnya, tikungan rel dibuat lebih lebar agar kecepatan kereta tetap stabil. Perkaranya PT Adhi Karya Tbk, selaku kontraktor tidak melakukan pengecekan kemiringan rel, setelah longspan dibangun.

Menurut Presiden,kesalahan teknis pada desain longspan wajar saja karena baru pertama kali dibangun oleh kontraktor Indonesia. "Tadi kan sudah saya sampaikan, ini LRT yang pertama kali dikerjakan sehingga kalau ada koreksi akan kami perbaiki, tetapi jangan senang mencari-cari kesalahan karena kesalahan pasti ada karena baru pertama kali," ujar Jokowi usai menjajal LRT Jabodebek.

"Dan ini adalah produksi INKA, konstruksinya dikerjakan oleh kita sendiri sehingga kalau ada kurang-kurang harus dimaklumi, tetapi harus tetap diperbaiki," kata Presiden melanjutkan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)