Tol Cigombong-Parungkuda Diresmikan, Jakarta ke Sukabumi hanya 2,5 Jam

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:21 WIB
loading...
Tol Cigombong-Parungkuda Diresmikan,  Jakarta ke Sukabumi hanya 2,5 Jam
Presiden Jokowi resmikan Tol Bocimi seksi II. Foto/TangkapanLayar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak, Gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat, hari ini Jumat (4/8/2023). Ruas tol ini memiliki panjang 11,9 km.



"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sudah selesai dan siap dioperasikan," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (4/8/2023).

Jokowi mengungkapkan bahwa jalan tol tersebut menggunakan anggaran Rp3,2 triliun. Diharapkan dengan selesainya jalan tol tersebut dapat mempermudah dan mempercepat akses bagi masyarakat yang hendak menuju destinasi wisata di Sukabumi dan sekitarnya.

"Kita harapkan nantinya dengan selesainya ruas jalan ini, kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede, hanya kurang lebih 2,5 jam. Ini akan mempercepat mobilitas orang. Sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampe 5 jam, kadang bisa sampe 6 jam," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan ketertarikan para investor dalam membangun jalan tol di Jawa Barat. Hal itu dikarenakan jalan tol saat ini paling banyak dibangun di Jawa Barat.



"Dan juga yang berkaitan dengan investasi. Karena dari survei, para investor yang ada, kenapa di Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat, menduduki rangking yang pertama untuk investasi. Alasannya yang pertama karena jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," ungkapnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)