Dorong UMKM Ekraf Jadi Patriot Pajak, Pajak Online Community Gelar Seminar Bareng Kemenparekraf

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 19:39 WIB
loading...
Dorong  UMKM Ekraf Jadi Patriot Pajak, Pajak Online Community Gelar Seminar Bareng Kemenparekraf
Foto: Tax Payer Community Indonesia
A A A
JAKARTA - Tax Payer Community menggelar serangkaian seminar nasional UMKM Ekonomi Kreatif Patriot Pajak, Bangun Indonesia Maju, di Menara Peninsula, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Ketua Tax Payer Community Abdul Koni mengatakan, seminar nasional dan penghargaan ini didedikasikan untuk mengapresiasi dan mendukung penuh perjuangan para pelaku UMKM di Indonesia.

Sudah menjadi tradisi, setiap tahun Tax Payer Community memberikan Penghargaan Patriot Pajak. Acara Seminar Nasional UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf) Patriot Pajak, Bangun Indonesia Maju merupakan hasil kolaborasi Tax Payer Community dengan OK OCE Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pajak Nasional dan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada 2023 ini Tax Payer Community juga memberikan penghargaan kepada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Dirjen Pajak Suryo Utomo, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni, Sekjen Perhimpunan Indonesia-Tionghoa Candra Jap, Ketua Umum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi, Ketua Umum Asperindo Mohamad Feriadi, Pengusaha, Pendiri dan Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation Nurhayati Subakat. Mereka mendapatkan penghargaan Patriot Pajak dalam kategori sebagai Tokoh Sentral, Penggerak, Mitra Strategis dan Pendukung UMKM di Indonesia.

Dengan moderator yang merupakan Ketua dari DPW Himpunan Praktisi Perdagangan Digital DKI Jakarta Yudhianto Sastrowilogo, Ketua Umum OK OCE Iim Rusyamsi mengatakan, pelaku UMKM berharap adanya kebijakan yang kondusif dan berpihak kepada UMKM. Hal ini dapat berupa kemudahan akses permodalan, pelatihan, pemanfaatan teknologi informasi, perpajakan yang sederhana, regulasi yang jelas dan tidak terlalu rumit, serta dukungan dalam pemasaran dan promosi produk UMKM. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produknya.

"Pemerintah diharapkan dapat menyediakan fasilitas perpajakan yang mudah dipahami dan diakses oleh UMKM. Fasilitas ini mencakup tarif pajak yang sesuai, kemudahan dalam pelaporan dan pembayaran pajak serta pengurangan birokrasi yang berlebihan," kata Iim.

Saat ini, OK OCE sebagai Gerakan Sosial telah mencetak lebih dari 628.095 wirausaha dan menyerap 1.550.921 tenaga kerja. Iim mengatakan, para pelaku UMKM juga berharap ada pengawasan yang efektif terhadap penggunaan dana pajak untuk pembangunan infrastruktur dan program-program yang dapat mendukung perkembangan UMKM.

"Pemerintah dapat memberikan insentif bagi UMKM yang patuh dalam membayar pajak, seperti keringanan pajak atau dukungan dalam bentuk lain. Jika harapan-harapan ini dapat diwujudkan, maka sektor UMKM di Indonesia akan semakin berkembang maju, berdaya saing, dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara," ujar Iim.

Sementara itu Menteri Sandiaga Uno, saat menerima penghargaan mengatakan, pajak merupakan alat yang penting untuk menjaga stabilitas ekonomi. Dari data Kementerian Keuangan, mayoritas pendapatan negara pada masa pandemi Covid-19 berasal dari penerimaan pajak. Oleh karena itu, Indonesia berpeluang besar menjaga pertumbuhan ekonomi nasional, salah satunya dengan terus memperkuat sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf).

"Karena sektor UMKM ini mampu menyerap 97% tenaga kerja, dan merupakan kontributor ekonomi yang dominan. Dalam setiap krisis ekonomi bahkan tekanan pandemi, motor pemulihannya adalah UMKM,” katanya

Dia memberi contoh, ketika terjadi PHK massal di sektor formal maka UMKM dijadikan sebagai buffer atau menyerap pengangguran. UMKM Ekraf dapat menjadi dinamisator akselerator perekonomian. Para pelaku UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf) terbukti mampu menyangga perekonomian nasional. UMKM Ekraf adalah harapan untuk menggerakkan ekonomi dan meningkatkan penerimaan pajak di masa mendatang. Sebab, mayoritas penerimaan negara berasal dari penerimaan pajak.

Menteri Sandiaga Uno mengucapkan terima kasih kepada Tax Payer Community Indonesia yang telah memberikan penghargaan Patriot Pajak. "Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan Patriot Pajak yang diberikan Tax Payer Community. Jayalah terus UMKM Ekraf di Indonesia," ujarnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)