Tol Bocimi Seksi 3 Target Rampung 2024, Menteri Basuki Pede Jadi Solusi Kemacetan Parah

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 17:58 WIB
loading...
Tol Bocimi Seksi 3 Target Rampung 2024, Menteri Basuki Pede Jadi Solusi Kemacetan Parah
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menargetkan, pembangunan ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat bisa rampung akhir tahun 2024, mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan, pembangunan ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ( Bocimi ) Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat bisa rampung akhir tahun 2024, mendatang.



Menteri Basuki menjelaskan, apabila pembangunan ruas Cibadak - Sukabumi rampung maka mampu mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di pasar Cibadak. Adapun saat ini progres pembebasan lahan untik ruas Cibadak - Sukabumi sudah mencapai 86%.

“Kita berharap hingga Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat bisa selesai akhir tahun 2024, artinya sudah melewati titik kemacetan yang parah di Pasar Cibadak,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/8/2023).



Jalan Tol Ciawi - Sukabumi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km, seksi 2 Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 km, seksi 3 Cibadak - Sukabumi sepanjang 14 km, dan seksi 4 Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Adapun untuk Seksi 4 ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km, saat ini progresnya masih dalam tahap pembebasan lahan sebesar 9,9%.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Miftachul Munir mengatakan setelah Seksi 2 dioperasikan akan dilanjutkan Seksi 3 ruas Cibadak-Sukabumi Barat. Hal ini dapat menjadi solusi kemacetan dari arah atau ke arah Sukabumi, bahkan hingga Pelabuhan Ratu di Pantai Selatan Jawa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meresmikan rampungnya pembangunan jalan tol Ciawi - Sukabumi seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 km dengan nilai investasi Rp3,2 triliun. Dengan selesainya ruas jalan ini, waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang sebelumnya memakan waktu 5-6 jam sekarang bisa dipercepat menjadi sekitar 2,5 jam.

Sekedar informasi tambahan, ruas Tol Cigombong - Cibadak akan terkoneksi dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan ruas tol Jagorawi. Ruas tol ini diharapkan meningkatkan akses menuju kawasan pariwisata di sekitar Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng hingga Geopark Ciletuh.

Selain itu akan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan kawasan Pantai Selatan Jawa Barat dari Sukabumi sampai Pangandaran.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)