Olah Jelantah Tekan Limbah, Pertagas Diganjar IDEAS Award 2023

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 20:34 WIB
loading...
Olah Jelantah Tekan Limbah, Pertagas Diganjar IDEAS Award 2023
Pertagas meraih penghargaan dalam The 2nd IDEAS Awards 2023 yang digelar di Belitung, Jumat (4/8/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Gas (Pertagas) meraih penghargaan dalam "The 2nd Indonesia Diversity, Equity, Inclusion and Environment, Social, Governance Awards (IDEAS) 2023" yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia di Belitung, Jumat (4/8) lalu. Afiliasi dari Sub Holding Gas Pertamina tersebut dinilai mampu menghadirkan program inovasi sosial yang memberikan manfaat bagi masyarakat.



Bersaing dalam kategori ESG dengan sub kategori Hubungan dengan Masyarakat atau Komunitas, Pertagas meraih penghargaan kategori Silver dengan program corporate social responsibily (CSR) Taman Olah Jelantah. Program tersebut merupakan inovasi sosial dari unit usaha Pertagas, Operation East Java Area (OEJA), melalui kelompok Tri Tunggal Mandiri yang merupakan mitra binaan Pertagas di Desa Tanggulangin Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Sidoarjo.

"Penghargaan ini menjadi tolak ukur dan evaluasi untuk mengimplementasikan program CSR yang dapat dirasakan manfaat sosial serta berdampak kepada citra dan bisnis Pertagas yang sejalan dengan Environmental, Social, Governance (ESG)," ungkap Corporate Secretary Pertagas Muhammad Baron dalam keterangannya, Sabtu (5/8/2023).



Program Taman Olah Jelantah mampu menekan pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah rumah tangga dan berhasil mengelola 6.034 liter jelantah selama 2021-2022. Kemudian, program ini juga melahirkan sistem jaring pengaman sosial yang memberikan manfaat langsung kepada 417 orang warga desa dan manfaat tidak langsung kepada 12.603 orang. Program ini juga menghadirkan aplikasi Manjalita yang merupakan aplikasi pencatatan dan pembukuan yang memberikan kenyamanan dan transparansi dalam pengelolaan laporan keuangan pengelolaan limbah jelantah.

"Pertagas berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan masyarakat dan stakeholders guna mengembangkan potensi masing-masing daerah sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang berkelanjutan sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya di sekitar wilayah operasi perusahaan," tutup Baron.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)