Suku Bunga AS Akan Naik Lagi, USD Pulang Kampung Tahun Ini

Rabu, 11 Januari 2017 - 14:11 WIB
Suku Bunga AS Akan Naik Lagi, USD Pulang Kampung Tahun Ini
Suku Bunga AS Akan Naik Lagi, USD Pulang Kampung Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Center for Strategic and International Studies (CSIS) mengatakan, suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed akan naik beberapa kali lagi tahun ini. Sehingga, kebijakan tersebut akan membuat dolar Amerika Serikat (USD) pulang kampung tahun ini.

Kepala Departemen Penelitian Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri mengatakan, mudiknya USD ke AS tak lepas dari kebijakan ekonomi Presiden Donald Trump. Trump diyakini akan terus melakukan ekspansi dengan menaikkan suku bunga.

"Dolar akan pulang kampung. Kebijakan Teump yang akan ekspansi dan naik bunga maka mudiknya dolar akan terasa, ada penguatan dolar," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Naiknya suku bunga The Fed, kata Rizal, merupakan persoalan tersendiri bagi Indonesia. Apalagi kenaikannya diperkirakan akan signifikan hingga 3 kali.

"Ada beberapa masalah yang menghambat ke depan, paling utama kondisi perekonomian global dan kebijakan ekonomi global. Dampak 2017, suku bunga AS dan global. The Fed sendiri akan mengindikasikan naikkan tiga kali suku bunga mereka. Ada indikasi kenaikan akan signifikan," kata dia.

Kendati demikian, kemungkinan juga The Fed akan menaikkan suku bunga sebanyak dua kali. Namun, dinilainya itu tetap berdampak buruk bagi perekonomian Indonesia.

"Ada kemungkinan juga dua kali saja. Itu akan berakibat ke perekonomian kita. Kenaikan ini akan menjadi capital outflow dari negara berkembang," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5453 seconds (0.1#10.140)