Antisipasi El Nino, Pemerintah Siapkan KUR Alsintan Rp5 Miliar

Rabu, 09 Agustus 2023 - 21:53 WIB
loading...
Antisipasi El Nino, Pemerintah Siapkan KUR Alsintan Rp5 Miliar
Pemerintah menyiapkan kredit usaha rakyat (KUR) Alsintan bagi kelompok tani. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan bantuan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) alat mesin pertanian atau Alsintan sebesar Rp5 miliar kepada kelompok tani.

Airlangga mengatakan bahwa bantuan tersebut ditujukan untuk mengantisipasi adanya badai El Nino yang panjang di wilayah Indonesia.

"KUR Alsintan nah ini yang mewakili kelompok pertanian, sudah kita siapkan apalagi presiden tadi memberikan tanggapan menghadapi El Nino yang panjang. Jadi pak gubernur kita siapkan sampai 5 miliar untuk kelompok tani," katanya dalam sambutannya Penganugerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award Kategori Provinsi Tahun 2022 di Pos Bloc, Jakarta, Rabu (9/8/2023).



Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bantuan berupa KUR Alshintan ini bisa lebih di dorong untuk wilayah-wilayah yang memang menjadi lumbung beras nasional.

"Pak Wagub ini bisa di dorong, terutama wilayah Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan yang menjadi lumbung beras nasional," katanya.

Sementara, Airlangga melaporkan bahwa per 31 Juli 2023 penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah mencapai Rp 126,3 triliun.

Airlangga mengatakan bahwa penyaluran KUR tahun ini mengalami tren yang positif. Di mana penyaluran KUR bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah mengalir kepada 2,3 juta debitur dengan Non Performing Loan (NPL) yang terjaga di 1,63 persen.

"Penyaluran KUR saat sekarang tren positif di tahun ini. Sampai 31 juli sebesar Rp 126,3 triliun kepada 2,3 juta debitur dengan NPL terjaga di 1,63 persen dari capaian produksi sebesar 55,4 persen dan graduasi sebesar 52 persen," ujarnya.



Adapun Airlangga mengatakan bahwa realisasi penyaluran KUR ini didorong oleh pertumbuhan kredit UMKM 7,61 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Pertumbuhan ini salah satunya didukung oleh pertumbuhan kredit 9,39 persen dan kredit umkm tumbuhnya 7,61 persen," ujarnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)