Terkait Jadwal Operasional LRT Jabodebek, Jokowi: Insya Allah 26 Agustus

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:16 WIB
loading...
Terkait Jadwal Operasional LRT Jabodebek, Jokowi: Insya Allah 26 Agustus
Jokowi mengajak artis atau influencer kunjungi stasiun LRT Jabodebek. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan bahwa peresmian LRT Jabodebek akan dilakukan pada akhir Agustus tahun ini. "Akhir bulan insya Allah sudah dioperasikan. Kemungkinan 26 Agustus," kata Jokowi di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/8/2023).



Menurut Jokowi, yang terpenting dalam operasional LRT Jabodebek adalah fokusnya diutamakan pada keamanan dan keselamatan. Terkait sertifikasi, dirinya menyebut faktor tersebut merupakan hal teknis.

Meski begitu, Jokowi mengatakan bahwa peresmian LRT tidak akan berbarengan dengan kereta cepat.

"Nda (berbarengan), kereta cepat mungkin kita akan coba lagi di September. Begitu siap semuanya juga segera dioperasikan," kata Jokowi.

Jokowi menilai pengoperasian LRT Jabodebek dan kereta cepat akan lebih baik jika dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, katanya, pengoperasian keduanya dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta.

"Semakin cepat dioperasikan, semakin baik karena kita tahu tiap hari kita ini menghadapi kemacetan, tiap hari kita juga menghadapi polusi. Jadi perpindahan dari moda transportasi pribadi ke tranportasi masal itu yang kita harapkan," ungkapnya.

Jokowi menyebut bahwa kerugian pert ahun hampir Rp 100 triliun karena kemacetan di Jabodetabek dan Bandung. "Setiap tahun merugikan hampir Rp100 triliun dan ini memang harus diatasi karena secara makro ekonomi merugikan negara besar sekali. Bahwa harus ada subsidi, ya itu kewajiban pemerintah karena ini bentuk pelayanan terhadap masyarakat," kata Jokowi.

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri, gubernur dan influencer menjajal sekaligus meninjau LRT Jabodebek dari Stasiun LRT Jatimulya Bekasi hingga Dukuh Atas pada hari ini Kamis (10/8/2023).

Dari pantauan di lokasi, Jokowi tiba di Stasiun Jatimulya sekitar pukul 08.47 WIB. Tampak mendampingi Jokowi yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6248 seconds (0.1#10.140)