Kekuatan Leaderful Organizations: Mengubah Perusahaan FMCG di Asia Timur dalam Mendominasi Pasar

Kamis, 10 Agustus 2023 - 14:18 WIB
loading...
Kekuatan Leaderful Organizations: Mengubah Perusahaan FMCG di Asia Timur dalam Mendominasi Pasar
(Foto: dok. midjourney/aldinabahri)
A A A
JAKARTA - Lanskap bisnis terus berkembang, dengan dinamika pasar dan preferensi konsumen yang berubah dengan cepat. Dalam industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) yang sangat kompetitif di Asia Timur, kekuatan dan inovasi sangat penting untuk berkompetisi mencapai kesuksesan pasar.

"Sementara banyak perusahaan FMCG saat ini masih menganut praktik konservatif dan tradisional, hadirlah leaderful organizations yang menawarkan pendekatan transformatif," ujar Rudolf Tjandra.

Artikel ini mengeksplorasi konsep leaderful organizations, mendalami penerapannya di perusahaan FMCG Asia Timur, dan menjelaskan bagaimana model ini membantu mengatasi tantangan organisasi adaptif yang kompleks.

Jadi, Apa Itu Leaderful Organization?
Sebuah leaderful organizations adalah pergeseran paradigma dari struktur manajemen hirarkis konvensional, dimana otoritas pengambilan keputusan berada di eksekutif tingkat atas.

Sebaliknya, leaderful organizations menekankan distribusi tanggung jawab kepemimpinan dan pengambilan keputusan di seluruh perusahaan, memberdayakan karyawan di semua tingkatan untuk menyumbangkan keterampilan, ide, dan keahlian mereka. Fitur utama dari leaderful organizations meliputi:

1. Pemberdayaan: Para pemimpin disemua tingkatan didorong untuk mengambil kepemilikan dan tanggung jawab atas tindakan mereka, menumbuhkan budaya akuntabilitas dan inisiatif.

2. Budaya Kolaboratif: Kolaborasi lintas fungsi dianut, mempromosikan beragam perspektif dan pemecahan masalah kolektif.

3. Inovasi dan Ketangkasan: leaderful organizations memprioritaskan inovasi dan kemampuan beradaptasi, memungkinkan tanggapan cepat terhadap perubahan pasar dan peluang yang muncul.

4. Kepemimpinan Bersama: Kepemimpinan tidak terbatas pada beberapa orang terpilih; sebaliknya, itu didistribusikan ke seluruh organisasi, menciptakan proses pengambilan keputusan yang lebih inklusif dan dinamis.

5. Pengembangan Karyawan: Program pengembangan kepemimpinan merupakan bagian integral untuk memelihara potensi karyawan dan membangun jaringan pemimpin yang cakap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)