Pembangunan KA Trans Sumatra Bisa Tumbuhkan Ekonomi Kawasan

Kamis, 10 Agustus 2023 - 17:44 WIB
loading...
Pembangunan KA Trans Sumatra Bisa Tumbuhkan Ekonomi Kawasan
Pembangunan KA Trans Sumatra bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kereta api reguler (biasa) berbasis rel dinilai mampu menghidupkan perekonomian dengan mengangkut penumpang dan logistik (barang) dengan jumlah besar, sehingga bisa menumbuhkan dan menghidupkan perekonomian di wilayah Sumatra. Pandangan itu diungkapkan oleh pengamat kebijakan publik Bambang Haryo Soekartono (BHS) saat meninjau operasional kereta api Stasiun Kertapati, Kota Palembang, Sabtu lalu (5/8/2023).

Untuk saat ini masih tersisa sekitar 1.300 kilometer yang belum terhubungkan rel kereta api dari sekitar 3.500 kilometer panjang rel Trans Sumatra. Harusnya ini menjadi prioritas utama bagi pembangunan yang ada di wilayah Sumatra, bukan kereta cepat atau LRT.

"Dan untuk membangun 1.300 kilometer membutuhkan biaya sekitar Rp40 triliun dengan harga per kilometer rel rata rata sekitar Rp30-40 miliar. Harga tersebut setara dengan 3 kalilipat biaya pembangunan LRT di Palembang yang hanya menghasilkan pendapatan untuk saat ini sebesar Rp15 miliar per tahun," kata BHS, dalam keterangannya, Kamis (10/8/2023).

Alumni ITS Surabaya ini juga mengatakan, sebagai contoh, angkutan kereta api di jalur Palembang-Lampung dengan jarak sekitar 230 kilometer saat ini sudah mengoperasikan 3 rangkaian kereta penumpang. Setiap rangkaian terdiri dari 10 gerbong penumpang dengan kapasitas 60 tempat duduk pergerbong yang total menghasilkan per tahunnya sekitar Rp50 miliar rupiah dengan asumsi setiap keberangkatan load factor rata rata sekitar 70%.

Pembangunan KA Trans Sumatra Bisa Tumbuhkan Ekonomi Kawasan

BHS saat mengunjung jalur KA Trans Sumatra

Di lintasan tersebut juga mengoperasikan 60 rangkaian kereta barang per hari, yang setiap rangkaian kereta terdiri dari 61 gerbong barang yang bermuatan 50 ton setiap gerbong, sehingga per harinya terangkut sekitar 186 ribu ton barang (Data dari KAI Pusat dan KAI Sumatra Selatan) yang nilainya jauh lebih besar daripada pendapatan LRT per tahunnya.

"Apalagi keberangkatan dari Palembang juga ada yang menuju ke Lubuklinggau arah utara Palembang yang berjarak sekitar 300 kilometer dengan jumlah rangkaian kereta penumpang dan barang jauh lebih besar daripada yang menuju ke Lampung," jelas BHS.

Load factor kepadatan rangkaian ini masih bisa dimaksimalkan dengan penambahan rangkaian kereta api di jalur tersebut dan ini jelas bisa berfungsi untuk memindahkan kepadatan jalan raya di angkutan penumpang dan logistik. Tentunya juga bisa menghemat biaya kerusakan infrastruktur akibat angkutan ODOL serta mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya, dan juga bisa menumbuhkan ekonomi secara cepat karena dihidupkannya transportasi super massal penumpang dan logistik kereta api.



"Apalagi kalau kita merealisasikan pembangunan rel Sumatra, maka tidak hanya PT KAI bisa membiayai investasi relnya tetapi juga bisa menumbuhkan ekonomi wilayah-wilayah yang saat ini belum terhubungkan dengan rel kereta api di sepanjang rel trans Sumatra," tandas anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)