Sucofindo Apresiasi Inovasi Lingkungan dan Sosial 106 Pelaku Usaha di ENSIA 2023

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 14:15 WIB
loading...
Sucofindo Apresiasi Inovasi Lingkungan dan Sosial 106 Pelaku Usaha di ENSIA 2023
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong dalam pembukaan ENSIA 2023, Kamis (10/8/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Sucofindo memberikan apresiasi kepada 106 pelaku usaha dalam acara Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2023 di Semarang, Kamis (10/8) lalu. ENSIA tahun ini menerima sebanyak 473 pendaftaran paper aspek inovasi lingkungan dan sosial dari 106 pelaku usaha.

"Kami mengapresiasi Sucofindo serta para pelaku usaha yang telah menerapkan efisiensi terhadap pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dengan sosial. Hal ini sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan atas perubahan iklim, penanganan lingkungan hidup. Kami berharap ke depannya, para pelaku usaha yang menerima penghargaan dapat memberikan dan menciptakan inovasi secara berkelanjutan," kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong melalui siaran pers, Jumat (11/8/2023).

Alue menambahkan bahwa dengan komitmen pelaku usaha dalam mengelola keseimbangan lingkungan, ekonomi, dengan sosialnya sejalan dengan instrumen Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER). "Bagaimana perusahaan mengelola, tak hanya aspek benefit, tetapi aspek terhadap lingkungan dan tanggung jawab terhadap sosialnya," tuturnya.



Selanjutnya, dia berharap bahwa gelaran ini bukan penghargaan yang terpisah sendiri, tetapi dapat terintegrasi dengan sistem penilaian PROPER yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan begitu, menjadi semakin kredibel dalam memberikan apresiasi kepada pelaku usaha yang telah menerapkan efisiensi, pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi atau profit dengan sosialnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas mengatakan bahwa penghargaan ENSIA ini sejalan dengan dukungan pihaknya terhadap program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan ini, kata dia, merupakan bukti komitmen Sucofindo dalam mendukung PROPER dari KLHK. "Diharapkan, secara teknis penghargaan ini dapat digunakan sebagai dokumen pendukung perolehan PROPER Hijau dan Emas," ujar Darwin.



Perhelatan ENSIA telah terlaksana sejak tahun 2022. Adapun penghargaan yang diberikan, terdiri dari 7 topik inovasi lingkungan dan sosial, meliputi efisiensi energi, penurunan emisi, pengurangan limbah B3, 3R limbah padat non B3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran, perlindungan keanekaragaman hayati, serta inovasi sosial. Masing-masing topik tersebut terbagi menjadi 3 kategori, yaitu penghargaan Platinum, Gold dan Silver.

Tahun ini, ENSIA juga memiliki kategori penghargaan baru, yakni Local Hero Inspiratif Penggerak Inovasi Sosial. Dalam kategori ini, Sucofindo tidak hanya berfokus mengapresiasi para pelaku usaha, juga para tokoh inspiratif di masyarakat.

Kepala Sucofindo Cabang Semarang Wahyudi Arief menambahkan, antusiasme peserta ENSIA tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2022. ENSIA tahun ini menerima sebanyak 473 pendaftaran paper aspek inovasi lingkungan dan sosial dari 106 pelaku usaha, atau meningkat sekitar 58% dari ENSIA tahun lalu. "Sedangkan pada nominasi local hero, ENSIA menerima pendaftaran sebanyak 38 nama lokal hero dari 33 pelaku usaha," kata Wahyudi.

Dari seluruh paper yang terdaftar melalui proses penjurian dari para praktisi dan akademisi, terpilih 399 judul inovasi dari 106 perusahaan, dan 3 Local Hero Inspiratif Penggerak Inovasi Sosial binaan para pelaku usaha.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)