Urutan Negara BRICS dengan PDB Tertinggi, Rusia Berada di Bawah China

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 11:40 WIB
loading...
Urutan Negara BRICS dengan PDB Tertinggi, Rusia Berada di Bawah China
China merupakan negara yang mempunyai PDB tertinggi dari seluruh negara dalam BRICS. Foto/BRICS Summit 2023
A A A
JAKARTA - BRICS menjadi salah satu aliansi ekonomi terbesar di dunia saat ini. Aliansi ini terbentuk dari lima negara dunia, yaitu Brasil, Rusia, India, China , dan Afrika Selatan yang mempunyai ekonomi yang cukup mumpuni.

Dari seluruh anggota BRICS, China merupakan negara yang mempunyai PDB tertinggi dari seluruh negara dalam aliansi tersebut. Setelah itu, baru diikuti India hingga negara Afrika Selatan.

Berdasarkan data statista, berikut urutan negara BRICS dengan PDB tertinggi.

Urutan Negara BRICS dengan PDB Tertinggi

1. China

PDB China pada tahun 2021 adalah USD16,86 triliun dan merupakan yang terbesar di antara negara-negara BRICS. Selain itu, China juga menjadi negara dengan PDB kedua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.



China juga memiliki pertumbuhan PDB tercepat di antara negara-negara BRICS. Diperkirakan negara yang satu ini akan melampaui Amerika Serikat sebagai ekonomi terbesar di dunia pada akhir dekade ini.

2. India


Pada tahun 2021, India berada di urutan kedua setelah China. Negara ini memiliki PDB sejumlah USD3,05 triliun yang diperkirakan terus tumbuh seiring keaktifannya di BRICS.

India juga memiliki peningkatan ekonomi yang signifikan. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa India akan menggantikan Amerika Serikat sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia sekitar pertengahan abad ini.

3. Rusia


Di urutan ketiga ada negara Rusia. Negara titisan Uni Soviet ini memiliki PDB USD1,71 triliun, yang merupakan yang ketiga terbesar di antara negara-negara BRICS dan kesebelas terbesar di dunia.

Hal itu diketahui lantaran Rusia memiliki ekonomi yang didominasi oleh sektor energi. Terutama minyak dan gas, yang membuatnya rentan terhadap fluktuasi harga komoditas global.

4. Brasil


Brasil sendiri menempati urutan keempat dengan PDB mencapai 1,71 triliun dolar AS. Negara ini juga berada di posisi kedua belas terbesar di dunia.



Brasil memiliki ekonomi yang beragam, dengan sektor pertanian, industri, dan jasa yang kuat. Akan tetapi, Brasil juga menghadapi tantangan seperti ketimpangan sosial, korupsi, dan inflasi tinggi.

5. Afrika Selatan


Selanjutnya ada Afrika Selatan. Pada tahun 2021 brazil memiliki USD0,32 triliun, yang merupakan yang terkecil di antara negara-negara BRICS dan keempat puluh satu terbesar di dunia.

Meski begitu, Afrika Selatan memiliki ekonomi yang maju secara relatif dibandingkan dengan negara-negara Afrika lainnya, dengan sektor keuangan, pertambangan, manufaktur, dan pariwisata yang penting. Namun, negara ini juga mengalami masalah seperti kemiskinan, pengangguran, ketidakstabilan politik, dan krisis energi.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)