Bangkitkan Ekonomi Lokal, Sandiaga Uno Berikan Bantuan ke 5 Desa Wisata

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 11:30 WIB
loading...
Bangkitkan Ekonomi Lokal, Sandiaga Uno Berikan Bantuan ke 5 Desa Wisata
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan bantuan DPUP kepada 5 desa wisata di Jawa Barat Jumat (11/8/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata (DPUP) senilai Rp120 juta kepada 5 desa wisata di Jawa Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Wisata Alamendah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat (11/8/2023).

Dalam rangka mewujudkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan inkulusif, Menparekraf menggandeng Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) dan UMKM Sahabat Sandi Uno Kabupaten Bandung. Diketahui, Kolaborasi tersebut kini telah menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan.

"Desember 2020, keadaan pariwisata dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Salah satu inovasi kami saat itu saya berkunjung ke Desa Alamendah yaitu untuk pengembangan desa wisata," kata Sandiaga.



Pihaknya terus berkomitmen menguatkan sektor pariwisata di Indonesia sehingga mampu membuka lebih banyak peluang lapangan pekerjaan dan membangkitkan ekonomi lokal. "Alhamdulillah di Desa Wisata Alamendah setelah 2 tahun kunjungan, wisatawan meningkat, lapangan kerja tercipta, sehingga tahun lalu secara kolektif 2,6 juta lapangan kerja baru tercipta, nah tahun depan targetnya 4,4 juta lapangan kerja," lanjut Sandiaga.

Dia berharap bantuan Menparekraf ini dapat merangsang pertumbuhan sektor pariwisata di desa tersebut dengan berfokus pada pengembangan infrastruktur pariwisata, pelatihan SDM, serta peningkatan pelayanan kepada wisatawan.

"Saya dorong agar bantuan ini bisa difokuskan kepada peningkatan SDM, peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi wisata sehingga kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan," ujarnya.

Melalui dukungan tersebut, ia mengungkapkan keinginannya dalam membantu desa wisata bertransformasi menjadi destinasi wisata menarik sehingga bisa meningkatkan pengalaman wisatawan serta mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

"Tadi kami serahkan dukungan untuk 5 desa disini langsung konkret, tidak pakai besok, tidak pakai nanti, kita serahkan bantuannya. Nanti akan diikuti juga pelatihan-pelatihan tambahan dan juga peningkatan literasi keuangan dan kita harapkan juga ada partisipasi dari dunia usaha," ungkapnya.

Ketua Desa Wisata Alamendah Wendiansyah sebagai pihak penerima bantuan desa wisata mengungkapkan bantuan tersebut akan digunakan untuk peningkatan perbaikan hingga kualitas desa wisata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)