Kirim Barang ke Luar Negeri via Pelabuhan Priok Hemat Rp1,5 Juta

Senin, 30 Januari 2017 - 12:42 WIB
Kirim Barang ke Luar Negeri via Pelabuhan Priok Hemat Rp1,5 Juta
Kirim Barang ke Luar Negeri via Pelabuhan Priok Hemat Rp1,5 Juta
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) mengklaim, dengan dijadikannya Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan penguhubung (hub internasional), maka pengiriman barang ke luar negeri akan hemat Rp1,5 juta per kontainer.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengungkapkan, dengan menjadi hub internasional maka kapal-kapal besar akan bisa masuk ke Tanjung Priok. Sehingga, biaya logistik akan menjadi lebih murah.

"Akan terjadi kargo konsolidasi, kapal besar bisa masuk, biaya logistik bisa murah," katanya usai rapat di Kantor Kemenko bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (30/1/2017).

Menurutnya, hub internasional ini juga demi mencapai kepentingan nasional (national interest) Indonesia untuk bisa berkompetisi dengan Singapura. Sebab, hub internasional akan membuat barang-barang yang akan dikirim ke luar negeri tidak perlu lewat Singapura.

"Barang-barang dari daerah enggak perlu ke Singapura kalau mau pergi ke Osaka, Taiwan. Tapi dikonsolidasikan dulu di Tanjung Priok. Yang berikutnya, dengan cara ini mengakibatkan rute pelayaran menjadi lebih efisien, lebih efektif. Khususnya untuk daerah di Pulau Jawa dan Sumatera," imbuh dia.

Mantan Bos BPJS Ketenagakerjaan ini menaksir, penghematan akan berkisar antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta per kontainer jika barang dikirim lewat Priok dibanding transit terlebih dahulu ke Singapura. Dia menargetkan, hub internasional ini akan dapat diimplementasikan mulai pertengahan tahun ini atau semester II/2017.

"Tentu bervariasi di tiap daerah (penghematan). Palembang kalau mau ke Jepang via Singapura itu bisa lebih mahal ketimbang via Tanjung Priok. Penghematannya sekitar Rp1,5 juta. Daerah lain juga bervariasi, berkisar antara Rp1-1,5 juta per kontainer," teran Elvyn.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4944 seconds (0.1#10.140)