Pantang Menyerah Gaet Elon Musk: Tak Dapat Kendaraan Listrik, Starlink pun Jadi

Senin, 14 Agustus 2023 - 16:29 WIB
loading...
Pantang Menyerah Gaet Elon Musk: Tak Dapat Kendaraan Listrik, Starlink pun Jadi
Menko Luhut B. Pandjaitan mengatakan bahwa Elon Musk akan ke Jakarta akhir September mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, CEO Tesla Elon Musk akan datang ke Jakarta pada akhir September, atau awal bulan Oktober nanti. Kedatangan itu sebagai tindaklanjut dari pertemuan Luhut dengan Elon Musk bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di San Francisco, AS, pada awal Agustus lalu.



Dalam pertemuan tersebut, Luhut dan Budi meminta Elon untuk bekerja sama membangun jaringan internet murah di bagian timur Indonesia, khususnya untuk pendidikan dan layanan kesehatan.

"Nanti Elon akan datang di Jakarta pada akhir September atau Oktober. Dia berharap atau kita harap proses Starlink yang digunakan Kemenkes di daerah terpencil bisa dicover rakyat kita di pedesaan dengan internet bagus, mungkin akan ditandatangani," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Kedatangan Elon Musk, kata Luhut, juga akan membahas dan menyepakati mengenai pembuatan material baterai litium. "Mereka juga akan masuk ke dalam pembuatan material dari lithium battery, itu akan diteken di Jakarta. Semua proses negosiasi selesai pada September akhir atau awal Oktober," kata Luhut.

Meski begitu, Luhut belum mau membeberkan jumlah investasi Elon Musk untuk Indonesia nantinya. "Nanti kita lihat, kalau Elon datang kan akan dilihat," kata Luhut.

Diberitakan sebelumnya, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk di San Francisco, AS. Keduanya bertemu dalam dua kesempatan berbeda pekan lalu, Luhut datang pada 3 Agustus, sementara Budi Gunadi pada 4 Agustus.

Keduanya mengajak pemilik SpaceX yang mengoperasikan satelit “Starlink” itu untuk bekerja sama membangun jaringan internet murah di bagian timur Indonesia, khususnya untuk pendidikan dan layanan kesehatan.

Melansir VOA, Selasa (8/8/2023), Luhut mengatakan Elon menunjukkan perhatian sangat besar tentang hal ini, bahkan berjanji akan datang ke Jakarta awal September mendatang.



“Pertemuan dengan Elon di SF (San Francisco) berjalan sangat baik. Kami bicara mengenai Starlink karena kami sangat membutuhkannya untuk wilayah terpencil di Indonesia timur yang banyak sekali blank spot-nya, terutama untuk kesehatan dan pendidikan. Ini tercapai. Elon mengatakan akan datang ke Indonesia pada minggu pertama bulan September saat Indonesia Sustainability Forum dan semoga semua yang disepakati bisa ditandatangani,” ujarnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)