Transformasi Kelautan Indonesia: Elektrifikasi Marine Bisa Jadi Solusi Kesejahteraan Nelayan

Selasa, 15 Agustus 2023 - 11:25 WIB
loading...
Transformasi Kelautan Indonesia: Elektrifikasi Marine Bisa Jadi Solusi Kesejahteraan Nelayan
Dalam upaya untuk mengatasi sulitnya akses dan mahalnya harga bahan bakar bagi Nelayan, Electrifying Marine bisa menjadi solusi dan merangsang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tingginya biaya operasional nelayan Indonesia akibat terbatasnya akses kepada Bahan Bakar Minyak (BBM) karena lokasi di pulau-pulau terpencil masih menjadi tantangan. Ditambah harga tinggi bahan bakar juga berdampak negatif kepada perekonomian nelayan .



Keterbatasan aksesibilitas ke pulau-pulau terpencil menjadi kendala serius dalam memenuhi kebutuhan energi mereka. Produktivitas nelayan pada akhirnya tergerus karena biaya BBM memakan porsi 70% dari total biaya operasional. Turunnya produktivitas dan hasil tangkapan akibatnya bakal meningkatkan harga ikan di pasaran.



Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini dan merangsang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, Electrifying Marine bisa menjadi solusi. Program inovatif ini bertujuan untuk menggantikan penggunaan BBM dengan energi listrik yang lebih efisien dan terjangkau di sektor kelautan dan perikanan.

Direktur Operasional PT Perikanan Indonesia , Fajar Widisasono menjelaskan, Electrifying Marine adalah langkah maju yang sangat penting untuk mendukung sektor perikanan Indonesia. "Dengan melihat tantangan besar yang dihadapi oleh nelayan, perlu mencari solusi yang tidak hanya berdampak positif secara ekonomi, tetapi juga menghormati lingkungan yang kita tinggali," ujarnya.

"Kami yakin bahwa Electrifying Marine akan menciptakan perubahan yang substansial. Ini adalah langkah besar menuju kelautan yang lebih hijau dan berkelanjutan, di mana sektor kelautan Indonesia bisa tampil sebagai pelopor perubahan global,"

Ekonomi Positif

Transformasi dari BBM ke energi listrik bukan hanya tentang efisiensi dan biaya, tetapi juga tentang melindungi warisan kelautan Indonesia untuk generasi mendatang. Dengan langkah progresif ini, Electrifying Marine memperlihatkan bagaimana inovasi dan kepedulian terhadap lingkungan dapat berjalan beriringan dengan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Fajar menjelaskan, dengan melakukan elektrifikasi, nelayan akan mendapatkan manfaat yang signifikan. Mulai meningkatkan pendapatan, karena efisiensi operasional yang lebih baik dan biaya perawatan yang lebih rendah akan mendorong pertumbuhan ekonomi di komunitas nelayan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)