Hilirisasi Timah Jadi Strategi MIND ID Wujudkan Indonesia Maju

Rabu, 16 Agustus 2023 - 17:47 WIB
loading...
Hilirisasi Timah Jadi Strategi MIND ID Wujudkan Indonesia Maju
MIND ID lewat PT TImah Tbk terus meningkatkan hilirisasi produknya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID mewujudkan misi Indonesia Maju melalui beragam cara, salah satunya hilirisasi . Lewat PT Timah Tbk--anggota MIND ID--hilirisasi akan menjadi kekuatan ekonomi baru bagi Indonesia agar memiliki daya saing untuk menjadi negara yang lebih maju.



Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu jurus untuk mewujudkan Indonesia maju. Melalui hilirisasi, PT Timah Tbk akan mampu meningkatkan nilai ekonomi hingga 3-4 kali lipat.

"Saat ini, hilirisasi menjadi tugas pokok MIND ID sebagai induk industri pertambangan milik negara untuk meningkatkan nilai perekonomian dan pendapatan," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf, dalam keterangannya, Rabu (16/8/2023).

Selain dapat meningkatkan nilai perekonomian, hilirisasi timah batangan juga mampu mempercepat peningkatan nilai investasi, pemerataan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, hilirisasi akan menyerap tenaga kerja, sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

Melalui hilirisasi, nilai produk setengah jadi maupun produk jadi akan berlipat ganda. Hilirisasi dan teknologi terapan mampu meningkatkan nilai komponen pemanfaatan produk lokal serta produk-produk buatan dalam negeri.

Sejauh ini, PT Timah Tbk telah melakukan berbagai terobosan melalui industri di Bangka Belitung. Perseroan telah bergerak di sektor teknologi pengolahan bahan mentah pasir timah menjadi bahan setengah jadi berupa timah batangan atau tin ingot.

Tin ingot akan diolah menjadi bentuk lainnya, seperti tin plate, tin chemical, tin bar, tin shote, dan tin sheet. Hilirisasi ini akan memberikan manfaat yang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pada 2021, Produk Domestik Regional Bruto (Bruto) industri timah berkontribusi sebesar Rp17,9 triliun. Kontrobusi tersebut meningkat pada 2022, yakni mencapai Rp20,8 triliun.

Proyek hilirisasi lain PT Timah Tbk diwujudkan melalui anak usahanya, PT Timah Industri. Perusahaan ini membangun pabrik tin solder powder dua line di Cilegon, Tangerang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)