Valuasi Aset Kalahkan Ford, Harta Pemilik Mobil Listrik Vietnam Melesat Rp593 Triliun

Kamis, 17 Agustus 2023 - 10:31 WIB
loading...
A A A
Namun, ambisinya terhambat oleh berbagai masalah, termasuk pertanyaan tentang keamanan kendaraan dan kemampuannya untuk membiayai ekspansi yang sangat cepat. Pendirinya menyuntikkan dana sebesar USD2,5 miliar tahun ini.

Pengiriman mobil pertama VinFast ke AS pada bulan Desember mendapatkan ulasan produk yang buruk, dan perusahaan melakukan penarikan besar-besaran setelah Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional memperingatkan adanya kesalahan perangkat lunak yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Tahun ini, sebuah rencana penawaran umum perdana digagalkan oleh apa yang VinFast gambarkan sebagai kondisi pasar internasional yang sulit. Sebagai gantinya, grup Vietnam ini memilih untuk bergabung dengan perusahaan cek kosong yang berbasis di Hong Kong, Black Spade Acquisition, dan tidak menggalang dana dari luar. Kerugian bersih di VinFast pada kuartal pertama mencapai 14,1 triliun dong (USD588 juta) dibandingkan dengan 9,7 triliun dong pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires Index, kenaikan kapitalisasi pasar VinFast mendorong kenaikan kekayaan bersih pemilik sekaligus taipan Pham Nhat Vuong, yang juga menduduki posisi chairman. Dalam debut saham itu Kekayaan Vuong bertambah USD39 miliar atau setara Rp592,8 triliun, yang kini kekayaannya mencapai USD44,3 miliar.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)