Valuasi Aset Kalahkan Ford, Harta Pemilik Mobil Listrik Vietnam Melesat Rp593 Triliun

Kamis, 17 Agustus 2023 - 10:31 WIB
loading...
Valuasi Aset Kalahkan Ford, Harta Pemilik Mobil Listrik Vietnam Melesat Rp593 Triliun
Pemilik mobil listrik Vietnam VinFast, Pham Nhat Vuong. FOTO/Bloomberg
A A A
JAKARTA - Valuasi perusahaan rintisan kendaraan listrik Vietnam, VinFast, telah melampaui valuasi perusahaan-perusahaan mobil tiga besar di Detroit setelah saham perusahaan yang sempat merugi ini melonjak pada hari perdagangan perdana.

VinFast ditutup pada harga USD37,06 di New York pada hari Selasa, jauh di atas harga USD10 yang disepakati ketika produsen mobil ini bergabung dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus untuk mendapatkan pencatatan di pasar saham. Kapitalisasi pasarnya mencapai USD85 miliar, setidaknya USD27 miliar lebih tinggi daripada Ford, General Motors, atau pemilik Fiat Chrysler, Stellantis.

Miliarder pendiri VinFast, Pham Nhat Vuong, memiliki sekitar 99% saham, dan hanya menyisakan sedikit saham yang dapat diperdagangkan. Hanya 1,3 juta saham Spac yang dapat diperdagangkan setelah penukaran sebelumnya dan hanya USD185 juta saham yang berpindah tangan, menurut para analis.



Debut pasar perusahaan berusia enam tahun ini terjadi setelah perusahaan start up EV lain yang terdaftar melalui Spacs di AS, termasuk Lordstown Motors dan Faraday Future, kesulitan untuk mengumpulkan lebih banyak uang tunai dan dalam beberapa kasus untuk mengirimkan kendaraan. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini kurang siap, kata kepala eksekutif VinFast, Le Thi Thu Thuy, dalam sebuah wawancara.

"Kami mulai memproduksi kendaraan lima tahun yang lalu, kami memiliki 20.000 mobil listrik di jalan. Kami telah melakukan setiap langkah mulai dari pengembangan produk hingga rantai pasokan," kata Thuy, dikutip dari Financial Times, Kamis (17/8/2023)

"VinFast akan menguntungkan dalam beberapa tahun ke depan dan sudah mencapai titik impas," imbuhnya.

Produsen mobil ini, sebuah unit dari konglomerat swasta terbesar di Vietnam, Vingroup, telah berjuang untuk mendapatkan daya tarik di AS, sebuah pasar yang sangat penting untuk ekspansi internasionalnya.

VinFast berhenti membuat mobil bertenaga bensin dan fokus pada kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya globalnya untuk mengikuti jejak perusahaan-perusahaan sejenis di AS dan Tiongkok, termasuk Tesla dan BYD. VinFast mendirikan jaringan ruang pamer di pantai barat AS dan bulan lalu melakukan peletakan batu pertama untuk pabrik yang tertunda di North Carolina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)