Upacara Bendera Kemerdekaan RI Tahun Depan di IKN, Ini Lokasinya

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 13:30 WIB
loading...
Upacara Bendera Kemerdekaan RI Tahun Depan di IKN, Ini Lokasinya
Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan lokasi upacara bendera kemerdakaan RI di IKN tahun depan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan saat ini proses pembangunan IKN masuk dalam penyelesaian tahap 1. Targetnya pada 2024 rampung siap digunakan untuk upacara memperingati hari kemeredekaan RI tahun depan.

Bambang mengungkapkan rencananya lokasi upacara kemerdekaan di IKN tahun 2024 akan diselenggarakan di halaman istana negara yang saat ini masih dalam dalam proses konstruksi.

"Bapak Presiden sendiri nanti yang akan memimpin upacara kemerdekaan 2024 di IKN, insyaallah di depan istana negara, nanti ada plaza untuk upacara," ujar Bambang usai upacara Kemerdekaan di IKN, Kamis (17/8/2023).



Sejalan dengan peringatan upacara kemerdekaan, maka para PNS juga akan sekaligus tinggal IKN dan memulai aktivitas pemerintahan. Bambang memastikan infrastruktur dan fasilitas fasilitas dasar seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, fasum (fasilitas umum), dan fasos (fasilitas sosial) juga sudah tersedia di IKN.

Sehingga, bukan cuma pembangunan infrastruktur dasar yang dibangun menggunakan kantong APBN. Pihak swasta juga siap untuk mulai melakukan pembangunan, seperti untuk rumah sakit, sekolah dan mall di IKN bulan depan.

"Dan bulan depan kita juga akan melihat teman-teman dari swasta juga mulai macul-macul, itu yang kita tunggu. Jadi bukan sekedar teken-teken," kata Bambang.

Sebagai informasi, hingga saat ini setidaknya sudah ada 8 perushaan swasta dan BUMN yang siap untuk memulai konstruksi di IKN tahun ini. Perusahaan tersebut akan menggarap berbagai sektor di IKN mulai dari pendidikan, rumah sakit, mal, perkantoran, hingga hotel.



Adapun ke 8 perusahaan yang siap melakukan groundbreaking antara lain, Pakuwon Group, RS. Hermina, Jakarta International School, Ciputra Gorup, PT PP (Persero), Jambuwuluk Hotels & Resort, Vassanta Innopark, hingga Agung Sedayu Group, yang belum lama ditunjuk untuk memimpin konsorsium PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) investasi di IKN.

"Insyaallah tahun depan kita tidak hanya melihat bangunan fisik milik pemerintah tapi juga ada taman, ada beberapa fasilitas kesehatan, pendidikan, mall, yang di inisiai oleh swasta kita," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)