Proyek Bandara VVIP IKN Siap Dilelang Dini, Cek Jadwalnya

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 10:45 WIB
loading...
Proyek Bandara VVIP IKN Siap Dilelang Dini, Cek Jadwalnya
Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara siap dilelang. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara siap dilelang. Adapun targetnya proyek tersebut bisa mulai konstruksi tahun ini.

Pemerintah tahun depan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan IKN sebesar Rp40 triliun lebih. Porsi tersebut dibagi untuk Kementerian PUPR sebesar Rp35,67 triliun dan Kementerian Perhubungan sekitar Rp5 triliun.

"Total anggaran untuk IKN Rp35,67 triliun (untuk PUPR), yang Rp5 triliun tadi kan (Kementerian) Perhubungan. Jadi total Rp40 triliun, yang kami (PUPR) Rp35,672 yang lainnya dari Perhubungan untuk bandara VVIP," ujar Menteri Basuki usai konferensi pers nota keuangan, Rabu (16/8/2023).



Lebih lanjut, Menteri Basuki menjelaskan saat ini pihaknya sudah menyelesaikan proses perencanaan. Sehingga targetnya pada tahun ini akan dilakukan semacam lelang dini pembangunan bandara VVIP di IKN.

"Ini yang bandara ini VVIP itu kan kalau perencanaan sudah dilaksanakan, ini kita memakai sisa lelang untuk dilakukan sekarang uang mukanya, baru nanti yang 2024 untuk yang sisanya. Itu mungkin bulan depan (lelang), nunggu Oktober mungkin kayak lelang dini itu," sambungnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara.

Pada Pasal 1 Perpres tersebut dijelaskan, percepatan pembangunan dan pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person (VVIP) untuk pengembangan infrastruktur penerbangan dan pendukung konektivitas lbu Kota Nusantara. Bandara VVIP tersebut digunakan khusus untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.



Selanjutnya pada Pasal 3, Presiden Jokowi menugaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menyiapkan kebutuhan lahan, kebutuhan fasilitas, dan tata letak fasilitas, serta kawasan keselamatan operasi penerbangan di Bandara tersebut.

Basuki ditugaskan oleh Jokowi untuk menyusun perencanaan desain teknis/rencana teknis rinci pembangunan fasilitas sisi udara, jalan akses menuju Bandar Udara, melaksanakan konstruksi berupa pembangunan fasilitas sisi udara, dan melaksanakan konstruksi berupa pembangunan jalan akses menuju Bandar Udara VVIP.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)